Parenting, Pernikahan, Tips

4 Referensi Tulisan tentang Pernikahan dan Parenting

Kalau ada teman yang bertanya bagaimana rasanya menikah? Maka saya jawab, rasanya enaaaak. Mau ngapa-ngapain halal *eh 😛 Tapi dibalik itu, kalau ada teman yang ngebet banget nikah, ya saya bakal jawab juga, “jangan pikir pernikahan itu bakal enak terus. Kadang lupa naruh handuk atau salah naruh letak piring aja bisa jadi masalah :P” Nah lho?

Baca: Pernikahan Bukan Sekedar Sah

Makanya, saya tidak bosan-bosannya bilang teman-teman saya untuk mempersiapkan bekal sebelum menikah. Salah satunya dengan baca buku. Karena pernikahan dan berumah tangga itu tidak semudah hidup saat kita masih sendiri. Namanya juga hidup berdua, dididik dengan cara berbeda dari orang tua masing-masing. Ya pasti setidaknya butuh referensi agar tidak salah langkah.
Sama halnya dengan menjadi orang tua. Jadi sebelum menikah, usahakan untuk baca buku-buku atau artikel mengenai pernikahan dan serba-serbi parenting. Eh nggak cuma sebelum aja sih. Setelah menikah pun sebenarnya masih butuh 🙂
Bicara artikel, saya punya empat orang yang tulisannya selalu saya baca. Menurut saya sih, empat orang ini bagus untuk dijadikan referensi 🙂

Romantic Couple – Kang Canun dan Teh Fufu

Tahu buku Jodoh Dunia Akhirat yang Best Seller itu? Hah, nggak tahu? Situ kudet banget sih -_- Oke, oke. Jadi dari buku inilah saya mengenal keduanya. Isinya buku tersebut bukan saja tentang tips mendapatkan jodoh dunia akhirat, melainkan juga berisi kisah-kisah tentang mencari jodoh dari orang-orang yang sudah berbagi pada Kang Canun dan Teh Fufu. Bahkan kisah mereka sendiri pun ada dalam buku itu. Singkatnya ada tiga tips. Yakni cleansing: membersihkan diri dari trauma-trauma masa lalu, upgrading: membangun kualitas diri dan selecting: memilih pasangan. Kalau mau tahu lengkapnya, ya baca sendiri deh ya bukunya 😛
https://www.facebook.com/CanunFufu/
Karena itu, Romantic Couple – begitu keduanya menamai dirinya, fokus menjadi trainer pernikahan. Meskipun keduanya sendiri dari usia pernikahan tidak bisa dibilang lama, tapi dari buku-bukunya yang saya baca, semuanya sangat dekat dengan kehidupan nyata. Karena memang mereka mengakui bahwa mereka menulis selalu berdasar pengalaman sendiri juga lingkungan sekitar. 
Jadi nggak ada salahnya kalau kamu kepoin akun facebook mereka di Romantic Couple 🙂

Kiki Barkiah

Saya sering bersyukur bisa kenal media sosial Facebook. Soalnya dari Facebook saya bisa tahu banyak hal. Sama dengan Teh Kiki Barkiah ini. Awal tahunya juga karena Teh Fufu sih kayaknya. Jadi Teh Fufu pernah membagikan salah satu status Teh Kiki di facebooknya. Ya jadi ikutan kepo deh. Dan ternyata, Teh Kiki sering fokus membahas parenting di setiap tulisannya.

Tidak ada yang lebih sempurna dari Rasulullah SAW dalam pengasuhan anak. Maka berilah ruang dalam hati kita untuk menerima bahwa kita bisa salah. Maka tidak perlu kita mengatakan “kami merasa gagal menjadi orangtua” namun katakanlah “bersama Allah kami bisa lebih baik lagi.” – Kiki Barkiah

Saya sudah baca bukunya yang 5 Guru Kecilku. Dan tulisannya, jauh dari kesan menggurui. Disitu Teh Kiki justru hanya berbagi kisah keseharian bersama lima anaknya. Tapi justru kisah sehari-hari itulah yang banyak sekali diambil pelajarannya.
Kalo mau kepo, ini akun facebook Kiki Barkiah 🙂

Wulan Darmanto

Mbak Wulan juga salah satu orang yang tulisannya selalu suka saya baca. Tentang pernikahan dan masalah-masalah rumah tangga. Malah tak jarang diselipi humor ringan. Ini yang membuat tulisannya menjadi unik dan tidak kaku, juga disukai oleh banyak orang lainnya.

Karena nyatanya fisik bukan penentu kelanggengan pernikahan bukan? Tapi saya mendukung pemahaman bahwa, mencari jodoh janganlah yang terlalu njomplang secara fisik.
Jika yang satu nilainya 9, ya jangan juga yang satu nilainya 3,5.
Sebab si 3,5 ini nantinya akan rentan mengalami keletihan mental dalam berumahtangga. Apalagi jika si 3,5 ini adalah pihak wanita.
Trus kalo si nilai 9 mau, karena si 3,5 ini punya kelebihan lain yang jauh melebihi fisiknya, piye donk?
Ya tak mengapa juga, itu namanya rezeki. Cuma.. tetap ya.. siap-siap dengan aneka komentar mulai dari “masya Allah” sampai “astaghfirullah” mulai dari “kok mau” sampai “dulu dijodohin ya?” yang kadang pingin membuat kita mengirim komentator-komentator itu ke zimbabwe.
Lha kalau sudah tertakdir berjodoh dengan lelaki yang tampak 10 tahun lebih muda dari kita? (seperti saya)
Banyak-banyak bersyukur.. juga banyak-banyak imbangi agar kita pun bisa terlihat “satu garis” dengannya. Kalau kita yang tidak bisa dipaksa memanipulasi umur, ya dia yang kita dandani agar tampak seimbang dengan kita. Heheheh

Facebooknya ini ya Wulan Darmanto.

https://www.facebook.com/

Psst, Mbak Wulan ini juga pernah menulis buku yang ada kaitannya dengan masalah LGBT. Kabarnya buku ini cukup laris, tapi saya sendiri belum pernah baca sih hehe.

-x-

Nah, kalau teman-teman sedang butuh referensi, tidak ada salahnya membaca tulisan keempat orang di atas. Bahkan masing-masing dari mereka sudah menerbitkan buku. Karena biar bagaimanapun, hidup memang selalu butuh pembelajaran. Begitu juga halnya dengan pernikahan, rumah tangga, juga menjadi orang tua 🙂

8 thoughts on “4 Referensi Tulisan tentang Pernikahan dan Parenting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *