Pernikahan, Tips

8 Hal yang Saya Pelajari di Tahun ke Empat Pernikahan

Saya pernah nulis kalau tahun ini adalah tahun keempat pernikahan saya dan suami. Selain cerita flashback waktu itu dan bagaimana pernikahan membuat hidup saya terbilang menjadi lebih baik. Sekarang saya jadi kepikiran buat nulis apa saja yang sudah saya pelajari dalam pernikahan selama empat tahun ini.

Jelas posisi saya di sini masih anak yang ‘hijau’. Istilahnya saya masih bau kencur lho. Jadi nulis ini pun bukan semata untuk mengajarkan orang lain. Tapi justru saya ingin mengabadikan untuk DIRI SAYA SENDIRI, hal-hal apa yang sekiranya bisa saya ambil pelajarannya di dalam kehidupan rumah tangga ini.

So, kalau ada Ayah Bunda, yang mungkin lebih senior. Usia pernikahannya sudah jauh lebih matang. Boleh berbagi di sini ya hehe.

8 hal yang saya pelajari di tahun ke empat pernikahan

Oke. Jadi apa saja yang sudah saya pelajari selama empat tahun pernikahan?

1. Mengenal pasangan itu seumur hidup

Bener deh, perkenalan itu bukan cuma sebatas di fase pacaran, ta’aruf, atau awal-awal pernikahan saja. Tapi justru seumur hidup kita! Setiap hari, akan selalu ada hal-hal baru yang kita ketahui dari pasangan.

Ini saya rasakan banget. Setiap hari ada saja yang bikin saya terkejut dari tingkah suami. “Oh ternyata dia begitu. Kok dia begitu ya. Oh, aku kira dulu begitu.” Itu terus. Saya pikir itu berhenti di tahun ke dua, ke tiga. Tapi ternyata di tahun ke empat pun masih sama. Entah ya, apakah karena empat tahun masih terbilang sebentar atau seperti apa. Tapi yang jelas pernah saya dengar dari para pakar pernikahan, ya memang pernikahan seperti itu. Perkenalan seumur hidup.

Makanya, pesannya mungkin “Jangan kagetan.” Hehe dan ini berlaku juga buat saya. Supaya saya lebih memahami pasangan.

2. Memahami karakter perempuan dan laki-laki

Saya suka sekali baca buku atau artikel-artikel terkait psikologi. Termasuk perbedaan karakter perempuan dan laki-laki. Dulu sih merasa sudah paham bagaimana perbedaan perempuan dan laki-laki itu. Tapi setelah berumah tangga, justru pengaplikasiannya sungguh naik turun tanjakan haha.

Awal nikah sebal kalau lihat wajah suami tiba-tiba jutek. Kirain marah ke saya. Ternyata dia sedang menyimpan masalah. Dulu sebal kalau melihat suami kayak manja kekanak-kanakkan. Tapi ternyata itu cara dia bermanja pada istrinya.

Jadi tidak melulu laki-laki itu gagah memimpin. Tapi juga sesekali minta diperhatikan. Justru begitulah cara dia untuk menunjukkan bahwa dia membutuhkan istrinya. Karena memang seram juga kan kalau misalnya suami terlalu mandiri. Sampai rasanya kita tidak dibutuhkan ๐Ÿ˜Ÿ

Cara menangani masalah pun beda. Perempuan mungkin lebih senang berbagi cerita saat ada masalah. Tapi laki-laki justru sebaliknya. Lebih memilih diam karena memang dia sedang berpikir untuk mencari solusinya. Nah ini, laki-laki cenderung lebih mandiri ketika ada masalah. Jarang meminta bantuan kecuali benar-benar kepepet.

Lalu kenapa laki-laki susah untuk multi tasking, ini juga ada alasannya. Yakni karena laki-laki memang tercipta sebagai makhluk dengan pikiran yang tunggal. Itu sebabnya dia bisa menjadi pemimpin. Sebab karena tingkat fokusnya lebih tinggi ketimbang perempuan.

Masih banyaklah hal lainnya ๐Ÿ˜„ Kalau Ayah Bunda mau baca soal psikologi dan karakter perempuan dan laki-laki ini sudah banyak kok buku dan artikelnya. Salah satunya di buku yang pernah saya review di Delina Books. Why Men Lie and Woman Cry karya Allan dan Barbara Pease.

3. Memaklumi kekurangan pasangan

Bertahun-tahun kita menikah pun, rasanya akan ada hal-hal yang sepertinya sudah mendarah daging di pasangan dan sulit diubah. Jadi daripada jadi pertengkaranm lebih baik maklumi saja kekurangan pasangan. Karena biar bagaimana pun, kita juga tidak sempurna.

4. Komunikasi yang baik dan efektif adalah kunci

Nah ini berhubungan dengan nomor 3. Dalam pernikahan, komunikasi YANG BAIK adalah kunci yang utama. Kenapa saya tekankan yang baik? Karena marah-marah pun termasuk komunikasi kan. Tapi apakah itu baik? Apakah itu efektif? Tidak. Makanya, kenapa komunikasi tetap harus mengedepankan ADAB. Seperti apa adab istri ke suami, seperti apa adab suami ke istri.

Ada yang salah dari pasangan, ya bicarakan baik-baik. Tahu kapan waktunya untuk berbicara. Tahu kapan waktunya untuk ditahan dulu sebentar.

5. Seni mengalah, meminta maaf, dan memaafkan

Saya pernah menulis juga di blog ini, soal mengalah. Baca di postingannya Suami Istri Saling Legowo ya.

Pernah suatu saat Mbak Wulan kalau nggak salah dinasihati oleh orang tuanya. Katanyaย dalam rumah tangga itu harus berlomba-lomba untuk mengalah. Mau siapa pun yang salah. Mau kita nggak salah sekalipun, kita harus ngalah duluan. Pokoknya harus ngalah duluan. Itu kunci rumah tangga yang langgeng.

Ini yang menurut saya sendiri paling sulit. Kalau lagi berselisih pendapat dengan pasangan, maunya ngegas mulu. Maunya harus menang. Pasangan pun ternyata begitu mikirnya. Kalau tidak ada yang mau mengalah, ya buyar sudah. Salah satu memang harus ada yang menekan ego. Tidak peduli siapa yang sebenarnya salah, mengalah adalah yang utama. Mengalah bukan untuk kalah, tapi justru untuk menyelamatkan pernikahan.

Di tahun ke empat ini, saya mulai belajar paham bahwa biar bagaimana pun, ego harus ditekan. Berpikir harus diutamakan. Agar tidak ada lagi yang namanya saling perang ego.

Yakni dengan belajar meminta maaf lebih dulu dan memaafkanlah kuncinya. Saya yakin, bukan cuma saya yang akan luluh kalau pasangan minta maaf lebih dulu. Dan ketimbang memendam kekesalan berhari-hari dan membuat rumah tangga lebih runyam, lebih baik singkirkan ego, dan saling memaafkan ๐Ÿ˜Š

6. Komitmen, komitmen, komitmen

Sebelum memutuskan menikah, saya tahu dengan menikah, berarti saya siap berkomitmen dengan seseorang. Saya siap untuk berkomitmen bahwa dialah pasangan saya yang terbaik. Apapun masalahnya, saya harus berkomitmen bahwa saya akan selalu menyelamatkan pernikahan saya.

Yap, pernikahan tidak sebatas cinta. Tapi juga komitmen. Bila komitmen hilang, bubarlah pernikahan. Pertengkaran sekalipun jika kita ingat komitmen, tidak akan jadi persoalan yang berlarut karena kita dan pasangan sudah sama-sama sadar. Maka dari itu, penting juga untuk membuat visi pernikahan. Agar kita tahu, akan ke mana arah hidup pernikahan kita.

7.ย Pasangan yang kita pilih adalah yang terbaik

Kita menjalani pernikahan atas dasar pilihan dan kemauan kita. Maka seharusnya kita sadar bahwa bagaimana pun pasangan kita adalah yang terbaik. Sudah bukan waktunya lagi untuk membanding-bandingkan pasangan.

Kalau kita saja masih banyak kekurangan, maka buat apa menuntut kesempurnaan pada pasangan. Yakinlah pernikahan memang ada untuk saling berjalan bersama. Bukan untuk saling menuntut ๐Ÿ˜Š

โ€œDan di antara ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikirโ€ (QS. Ar-Rum: 21)

8. Doa adalah kekuatan paling utama pernikahan

Jangan pernah tinggalkan Tuhan. Allah. Jalani hidup sesuai dengan pedoman-Nya. Jalankan apa-apa yang Dia perintahkan dan tinggalkan larangan-Nya. Karena Dialah sebaik-baik penolong dan pelindung kita dan pasangan.

Apapun masalahnya, sungguh sudah ada solusinya dalam kitab suci kita, jika saja kita mau mempelajarinya. Ini dia sebabnya saya pernah menulis, salah satu kriteria untuk memilih pasangan yang baik, yang utama adalah dilihat dari agamanya. Sebab agamalah yang akan menolong kita. Tanpa agama, tanpa pedoman, hancurlah hidup kita.

Apalagi dalam kehidupan pernikahan yang sungguh banyak ujian dan lika-likunya. Takkan mampu kita selesaikan sendiri tanpa bantuan-Nya. Dan Dialah pelindung terbaik kita dan pasangan. Sebab hanya Dia yang mampu membolak-balikkan hati manusia.

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ุฏูุนูŽุงุฆูู‡ู ยซ ูŠูŽุง ู…ูู‚ูŽู„ู‘ูุจูŽ ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆุจู ุซูŽุจู‘ูุชู’ ู‚ูŽู„ู’ุจูู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฏููŠู†ููƒูŽ ยป.

โ€œYang sering dibaca oleh Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam adalah, โ€™Ya muqollibal quluub tsabbit qolbii โ€˜ala diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu)โ€™.โ€

Ummu Salamah pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam,

ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ู„ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ุฏูุนูŽุงุฆููƒูŽ ูŠูŽุง ู…ูู‚ูŽู„ู‘ูุจูŽ ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆุจู ุซูŽุจู‘ูุชู’ ู‚ูŽู„ู’ุจูู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฏููŠู†ููƒูŽ

โ€œWahai Rasulullah kenapa engkau lebih sering berdoโ€™a dengan doโ€™a, โ€™Ya muqollibal quluub tsabbit qolbii โ€˜ala diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu)โ€™. โ€

Nabiย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย seraya menjawab,

ูŠูŽุง ุฃูู…ู‘ูŽ ุณูŽู„ูŽู…ูŽุฉูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุขุฏูŽู…ูู‰ู‘ูŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูˆูŽู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฃูุตู’ุจูุนูŽูŠู’ู†ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตูŽุงุจูุนู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู…ูŽู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุฃูŽู‚ูŽุงู…ูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุฃูŽุฒูŽุงุบูŽ

โ€œWahai Ummu Salamah, yang namanya hati manusia selalu berada di antara jari-jemari Allah. Siapa saja yang Allah kehendaki, maka Allah akan berikan keteguhan dalam iman. Namun siapa saja yang dikehendaki, Allah pun bisa menyesatkannya.โ€

Baca tulisan lengkapnya di Rumaysho: https://rumaysho.com/13301-ini-ceritanya-kenapa-nabi-terus-berdoa-meminta-istiqamah.html

Masya Allah, di tahun ke empat saja sudah ada 8 poin. Mungkin nanti semakin berlanjut usia pernikahan, semakin banyak lagi poin yang bisa saya pelajari.

Semoga apa yang saya tulis ini juga bermanfaat untuk teman-teman yang mau menikah, maupun sudah menikah ya ๐Ÿ˜Š Semoga Allah selalu melindungi kita semua. Menetapkan kita di jalan-Nya dan selalu memberi kita petunjuk kebenaran ๐Ÿ˜Š Aamiin.

Tagged , , , , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

2 thoughts on “8 Hal yang Saya Pelajari di Tahun ke Empat Pernikahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.