Cerita Bunda, Kehamilan

Balada Hamil Saat Masih Punya Bayi

Nggak pernah terpikir dari dulu kalau saya bakal dikasih anak dalam waktu yang sangat cepat. Satu bulan menikah, saya langsung hamil. Lalu yang kedua, saat anak masih 6 bulan, saya sudah dinyatakan hamil lagi. Alhamdullillah wa syukurillah. Meski begini, nggak dipungkiri saya juga mengalami balada-balada hamil di saat masih punya bayi. Apalagi pas pertama tau positif, bayinya masih 6 bulan yang artinya baru masuk masa MPASI dan perkembangannya semakin bertambah aktif.

via Pixabay

So, apa saja sih balada hamil saat masih punya bayi? Inilah yang saya alami:

1. Cepat capek karena ngurus anak
Saya akuin kalau hamil kedua ini saya lebih cepet capek. Mungkin ya karena disambi ngurus anak juga. Beda dengan hamil Emir dulu saya cukup mengurus diri sendiri dan suami saja. Sekarang sudah ada Emir. Saat suami kerja, berarti saya yang harus handle Emir sendiri. Mandiin Emir, kadang saya sambi pijit bayi biar dia nyaman. Emir juga sudah MPASI. Harus bikin makanannya, harus nyuapin juga. Ditambah sekarang sudah masak lagi di rumah. Jadi ya mau nggak mau, saya bangun lebih pagi karena supaya bisa dibantu ayahnya untuk jaga Emir. Belum lagi dengan kerjaan-kerjaan rumah tangga lainnya yang juga harus saya lakuin. Yang biasanya dulu setelah selesai semua, saya bisa langsung istirahat, sekarang ya nggak bisa. Karena harus nemenin anak main, dan nyusuin anak sampai tidur :v Makanya wajar kali ya kalau memang jadinya lebih capek.

2. Harus bangun tengah malam
Kalau dulu saya bisa tidur nyenyak semalaman, sekarang mau nggak mau tetep bangun malem karena harus nyusuin Emir. Kadang capek juga sih harus bangun malem, apalagi kalau saya lagi capek atau ngantuk-ngantuknya huhu. Tapi ya tetep aja walaupun begitu, saya tetep nggak mau ngasih Emir susu formula hehe karena saya masih percaya kalau ASI saya masih ada dan masih bagus.

3. Beberapa kali kontraksi palsu
Entah ini karena normal atau karena menyusui, saya beberapa kali mengalami kontraksi palsu. Dan pas lagi kontraksi gitu tuh nggak enak banget. Ya untungnya sih cuma kontraksi palsu, jadi dibawa istirahat pun bisa langsung hilang udahannya. Untungnya lagi nggak pernah sampai keluar flek, jadi saya menyimpulkan kalau ini memang normal terjadi, apalagi saya juga sudah masuk trimester kedua.

4. Emosi naik turun
Memang benar kalau ibu hamil perasaannya jadi lebih sensitif dari biasanya. Ini juga yang terjadi pada saya di kehamilan kedua ini. Ditambah Emir semakin aktif tingkahnya, kalau tidak punya stok sabar rasanya emosi bisa meninggi, astagfirullah 😞. Kalau sudah begitu, biasanya saya pandangin Emir setiap dia tidur. Semua emosi rasanya sia-sia saja kalau sudah memandang dia 😞
But, meskipun semua itu harus saya alami, saya bersyukur banget karena Allah sudah mempercayai saya untuk hamil dalam jangka waktu yang sangat cepat. Ya rasanya dosa banget kalau saya masih ngeluh sementara Allah sudah memberi nikmat yang bertubi-tubi hiks.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim: 7)

1 thought on “Balada Hamil Saat Masih Punya Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *