Keluarga, Tips

Cara Menjalin Komunikasi yang Baik dalam Keluarga

Di postingan Drama Go Back Couple saya cerita kalau komunikasi dalam pernikahan itu sangat penting. Termasuk komunikasi keluarga juga hal yang sangat diperlukan. Karena dengan komunikasi kita bisa lebih dekat dan menyampaikan apa yang kita inginkan atau butuhkan. Komunikasi dalam keluarga ini harus dijalankan dan diterapkan setiap hari. Itu karena dengan komunikasi yang baik, mampu menciptakan keharmonisan dalam keluarga.

Sayangnya, banyak dari kita yang saat ini masih belum menerapkan bagaimana komunikasi yang baik dalam keluarga. Rata-rata kebanyakan keluarga masih cenderung cuek dan hanya bicara seperlunya antar sesama anggota keluarga. Untuk itu, Sariwangi membagikan pada kita bagaimana cara komunikasi keluarga yang baik.

Inilah cara komunikasi yang baik dalam keluarga menurut Sariwangi:

via tehsariwangi.com

1. Diperlukan Rasa Saling Menghormati

Dalam komunikasi keluarga yang baik, sangat diperlukan yang namanya rasa saling menghormati. Hal ini agar setiap anggota keluarga selalu merasa dihargai dan disegani. Jika dari pihak orang tua mampu memberi rangsangan yang baik pada anak saat berkomunikasi, maka anak bisa menerima ransangan tersebut dengan baik.

2. Selalu menyampaikan pesan dengan baik dan mudah dimengerti.

Sebagai orang tua, pasti ingin memberikan nasihat yang baik-baik pada anak. Tapi terkadang tanpa disadari, kita sebagai orang tua belum menyampaikan nasihat dengan cara yang kurang benar. Dalam sebuah penyampaian pesan di komunikasi keluarga, sebaiknya kita menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anggota keluarga yang lain. Pemilihan kata yang mudah dimengerti juga merupakan salah satu cara yang benar dalam penyampaian pesan.

3. Selalu siap menjadi menjadi pihak yang mendengar maupun berbicara.

Dalam menjalin komunikasi yang baik dalam keluarga, hendaknya kita harus selalu memberi timbal balik yang baik. Ketika kita berada sebagai orang yang berbicara, maka kita harus bisa berbicara secara jelas dan mudah dimengerti. Tapi jika kita berganti menjadi pihak yang mendengar, kita juga harus mampu mendengarkan dengan baik pesan-pesan yang disampaikan oleh anggota keluarga yang lain. Jangan sampai kedua hal sederhana tersebut tidak dilakukan, karena walau sepele tapi sangat perlu untuk dikerjakan.

4. Sempatkan waktu untuk berkumpul dan berbicara.

Waktu yang berkualitas dalam keluarga sangat penting untuk menjaga keharmonisan. Dalam berkeluarga, alangkah baiknya kita selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama seluruh anggota keluarga dan menyampaikan keluh kesah masing-masing. Setiap anggota keluraga menyampaikan hal-hal yang bisa dibagikan atau diceritakan kepada anggota yang lain. Kemudian jangan lupa selalu menanggapi obrolan dengan baik dan santai agar tercipta suasana nyaman dan senang.

Nah, empat hal di atas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memperoleh komunikasi keluarga yang baik. Terima kasih Sariwangi, tipsnya sangat bermanfaat. Semoga informasi di atas bisa sedikit memberi kita wawasan seputar bagaimana berkomunikasi dengan baik ya 😊

Tagged , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *