Cerita Bunda, Tips

Cara Merawat Bayi Baru Lahir ala Celoteh Bunda

Dulu saya sama sekali nggak ngerti cara merawat bayi baru lahir ? Itu karena di kepala saya sudah tertanam pikiran, “ah banyak bala bantuan ini nanti. Ada mertua, kakak-kakak ipar, bahkan orang tua saya pun sengaja datang setelah saya lahiran ? Tapi setelah anak kedua lahir, saya mulai agak berani untuk belajar menangani sendiri alias tidak mau terlalu bergantung dengan orang lain hehe.

via Pixabay

Kalau boleh memberi tips, barangkali ini cara merawat bayi baru lahir ala Celoteh Bunda:

1. Menjaga kebersihan dan keamanan bayi

Bayi baru lahir sangatlah sensitif. Bukan hanya soal kulitnya, melainkan daya tahan tubuh, juga anggota-anggota tubuhnya yang belum kuat. Itu sebabnya bayi baru lahir memang butuh penanganan khusus. Di antaranya menjaga kebersihan lingkungannya, tempat tidurnya, dan segala pakaiannya. Pun tidak mendekati bayi pada orang yang sedang sakit. Karena bayi masih sensitif sehingga sangat mudah terkena virus yang bisa saja tertular.
Begitu pula soal keamanan. Utamakan bagian kepala dan leher harus disangga ketika menggendong bayi. Tidak mengguncang-guncangkan bayi karena bisa menyebabkan pendarahan di otak.

2. Memberi susu dengan teratur

Minum ASI atau susu formula, bayi harus diberi susu secara teratur. Biasanya 2 jam sekali bayi akan minta susu. Bila bayi minum ASI, usahakan dengan posisi yang bergantian agar ibu juga nyaman. Selain itu, sendawakan bayi usai menyusu supaya bayi tidak tersedak dan gumoh.

3. Tidak sembarang memakai produk

Karena kulit bayi sangat sensitif, maka jangan memilih sembarang produk untuk bayi. Baik itu perlengkapan mandi, kosmetik, atau pun popok sekali pakai. Dianjurkan untuk memilih produk yang hypoallergenic atau minim menimbulkan alergi. Bila sudah cocok dengan satu produk, maka pertahankan dan jangan diganti-ganti.

4. Ajak bayi berkomunikasi

Bayi baru lahir mungkin belum bisa melihat secara sempurna. Tapi tidak ada salahnya untuk mengajaknya komunikasi. Ini juga salah satu cara pendekatan dengan bayi.

5. Ciptakan ruang tidur yang nyaman untuk bayi

Ruang tidur yang nyaman bagi bayi rasanya memang suatu keharusan. Selain kebersihannya yang harus dijaga, usahakan suhu dalam ruangan juga tidak terlalu panas atau dingin. Ini guna menjaga bayi agar tetap nyaman saat tidur.

6. Beri lingkungan yang kondusif

Bayi baru lahir sangat butuh terjaga kondisinya. Maka berikan lingkungan yang kondusif. Seperti suara di sekitar harus tenang. Tidak terpapar wabah penyakit. Dan kebersihan yang selalu terjaga.

Ya, itulah cara merawat bayi baru lahir. Butuh usaha yang cukup menguras memang. Maka dari itu, kita sebagai orang tua juga harus:

– Menjaga kondisi fisik

Mengurus bayi baru lahir cukup memakan tenaga, oleh karena itu ibu dan ayah harus menjaga fisik agar tetap prima. Makan makanan yang sehat dan tidak kekurangan cairan. Serta usahakan tetap istirahat yang cukup. Bisa ketika bayi tidur, ibu juga ikut tidur.

– Tunda pekerjaan lain

Jangan memaksa melakukan semua pekerjaan. Tunda pekerjaan yang bisa ditunda. Karena anak adalah prioritas kita sekarang.

– Kerja sama dengan pasangan

Biasanya para pekerja kantoran mendapat cuti untuk menemani istri yang melahirkan. Walaupun tidak lama, tapi tidak ada salahnya tetap bekerja sama dengan pasangan. Bisa ketika suami sudah santai sepulang kerja, membantu ganti popok bayi misalnya.

– Jangan ragu minta bantuan

Sebelas dua belas dengan sebelumnya, jangan ragu meminta bantuan. Apalagi jika posisi kita sebagai ibu yang baru melahirkan. Tentu saja masih merasakan sakit. Maka boleh sesekali minta bantuan suami, atau orang tua dan mertua. Jika mampu mungkin bisa membayar asisten untuk membantu merawat bayi.

Merawat bayi baru lahir memang membutuhkan kesabaran. Maka dari itu, selalu minta dukungan pada orang-orang di sekitar agar kita bisa maksimal untuk merawat sang buah hati tercinta ?

Tagged ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

1 thought on “Cara Merawat Bayi Baru Lahir ala Celoteh Bunda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.