Uncategorized

Warga Surabaya, Temukan Cara Covid Test Lewat Aplikasi Ini

Walaupun sudah memasuki new normal, Covid-19 masih saja merajalela di Indonesia. Bahkan, ada peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di beberapa daerah. Salah satunya di tempat tinggal saya, Surabaya. Maka dari itu, setiap warga disarankan untuk mengikuti covid test Surabaya. Terutama bagi warga yang menjadi PDP, ODP, dan warga yang memiliki kontak erat dengan pasien virus corona.

Jenis Tes untuk Memastikan Keberadaan Virus Corona pada Tubuh Pasien

Saat ini, ada dua jenis tes yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menentukan kepastian keberadaan virus Corona dalam pasien. Keduanya adalah rapid test dan swab test atau test PCR. Dalam hal ini, rapid test dilakukan sebagai screening awal terhadap potensi kasus pasien positif. Sementara itu, untuk kepastian hasilnya harus dibuktikan lewat test PCR atau Polymerase Chain Reaction.

Pada rapid test, pasien akan diambil darahnya sebagai sampel menggunakan sebuah alat bernama Rapid Test Kit yang bentuknya mirip seperti pada alat test kehamilan. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat ada tidaknya sebuah reaksi antara imunoglobulin dengan antibodi yang umumnya terbentuk pada saat tubuh terinfeksi oleh virus. Hasil rapid test bisa langsung diketahui setelah 10 – 15 menit pengujian.

Berbeda dengan rapid test, sampel yang digunakan untuk pengujian PCR test diambil dari hidung dan mulut pasien. Metode ini lebih akurat karena akan memeriksa keberadaan RNA sebagai materi genetik dari virus Corona. Namun, swab test tidak bisa langsung diketahui hasilnya mengingat pengujian ini membutuhkan metode yang cukup kompleks. Biasanya, setelah 3 – 5 hari, hasilnya sudah bisa diketahui.

Mudahnya Tes Virus Corona dengan Aplikasi Halodoc

Halodoc sebagai aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia, juga turut memberikan layanan untuk membantu masyarakat Surabaya dalam melaksanakan tes virus Corona dengan lebih mudah, aman, dan cepat. Halodoc telah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Surabaya yang menyediakan layanan Covid test Surabaya.

covid test surabaya

Maka dari itu, masyarakat yang menjadi PDP, ODP, maupun kontak erat dengan virus bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti tes virus Corona menggunakan aplikasi ini. Tentu saja, caranya sangat mudah dan cepat tanpa harus bolak-balik ke rumah sakit. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh aplikasi Halodoc

Aplikasi Halodoc bisa diakses menggunakan smartphone. Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan kunjungi Play Store. Unduh dan install Aplikasi Halodoc. Tentunya, aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis.

2. Lakukan pendaftaran tes Covid-19

Untuk melakukan pendaftaran tes virus Corona, silahkan cari menu “COVID-19 Test” yang ada pada halaman pertama setelah masuk ke aplikasi Halodoc. Setelah itu, pasien akan diminta untuk menentukan lokasi beserta waktu pelaksanaan tes. Disarankan untuk memilih lokasi rumah sakit yang paling dekat dengan rumah.

3. Unggah data diri

Untuk menyelesaikan proses pendaftaran, pasien harus mengunggah data diri terlebih dahulu. Bagi pasien dewasa, data diri yang diunggah adalah berupa KTP. Sementara jika pasien masih anak-anak, maka data diri berupa Kartu Keluarga. Data diri tersebut diunggah dalam bentuk scan foto dengan format JPG atau PNG.

4. Pesan paket tes dan lakukan pembayaran

Ada beberapa paket pemeriksaan yang bisa dipilih oleh pasien. Misalnya paket rapid test sekaligus swab test. Setelah memilih paket pemeriksaan, kemudian ada data pembayaran yang harus dilunasi oleh pasien. Jika pembayaran telah selesai dilakukan, pasien akan mendapatkan konfirmasi berupa kode melalui SMS. Kode tersebut nantinya digunakan untuk daftar ulang di rumah sakit saat jadwal pemeriksaan.

5. Lakukan Tes Covid-19 di rumah sakit

Pada jadwal yang telah ditentukan, pasien bisa segera berkunjung ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Jangan lupa untuk mematuhi aturan seperti menggunakan masker serta menjaga jarak. Selain itu, pastikan untuk membawa kode konfirmasi SMS serta KTP atau KK.

Sesampainya di rumah sakit, maka pasien akan langsung ditangani oleh tim medis tanpa perlu mengantre lama. Sejumlah sampel akan diambil, mulai dari sampel darah untuk rapid test maupun swab untuk PCR test. Selanjutnya, sampel tersebut akan segera ditangani oleh tim medis untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pasien bisa segera pulang dan menunggu hasilnya lewat konfirmasi SMS atau pemberitahuan lewat aplikasi Halodoc.

Nah, sangat mudah dan cepat, ya 😀 Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka pasien yang ingin mengikuti covid test Surabaya tidak perlu bolak-balik ke rumah sakit dan juga tidak perlu mengantri lama 🙂

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.