Keluarga, Kontes, Sponsored Post, Tips

Jangan Panik Saat Anak Sakit

Sudah menjadi hal yang lumrah bila anak sakit demam, flu dan batuk. Biasanya ketiga sakit ini memang sering berkaitan. Saat anak kena flu, badannya bisa panas. Demikian pula saat batuk, bisa disertai flu dan demam. Dan sebagian besar anak di bawah 2 tahun bisa dipastikan pernah mengalaminya karena memang tidak bisa terhindarkan sebab daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Sehingga virus dan bakteri mudah menyerang.

Pun termasuk anak-anak saya. Baru saja awal bulan kemarin ini saya sekeluarga sakit berjamaah. Awalnya Emir yang batuk-batuk, lalu nular ke saya. Karena saya sering dekat Elis dan salahnya nggak pakai masker, jadilah Elis kena. Terakhir baru ayahnya. Huhu. Sebenarnya lebih sedih kalau anak yang sakit. Karena melihat mereka yang masih kecil begitu harus terganggu dengan batuk yang terus menerus, melihatnya jadi nggak tega. Ditambah kalau pernapasannya ikut terganggu dan badannya jadi demam hiks.

Untung saja waktu itu ada neneknya. Jadilah sama ibu saya anak-anak diterapi secara tradisional. Dengan cara bawang merah yang sudah diparut dan dicampur minyak telon, lalu dibalurkan ke seluruh badan dan kaki, lalu dipijat secara lembut. Karena tradisional dan tanpa obat, jelas saja hasilnya nggak instan. Tapi Alhamdulillah, tidak lebih dari seminggu, sakit mereka sudah sembuh. Sedangkan saya dan suami, menambah imun kami dengan minum campuran jahe, kencur, sereh yang digodok sampai mendidih dengan gula merah. Rasanya, hmm langsung maknyus di tenggorokan. Lebih enakkan hasilnya.

Saya memang meminimalisir penggunaan obat-obatan apalagi untuk anak-anak saya. Bukannya kontra lho, ya. Tapi pikir saya, selama masih bisa disembuhkan dengan cara tradisional alias bahan-bahan yang masih ada di sekitar kita, why not kan?

 

Transpulmin, balsam untuk menghangatkan badan dan melegakan pernafasan keluarga

1. Transpulmin BB Balsam

Sebenarnya teman saya pernah merekomendasikan balsam yang bisa meredakan flu, batuk dan bisa menghangatkan badan. Namanya Transpulmin. Nah baru kemarin ini saya nyoba. Pas banget Elis kok kayak batuk-batuk gitu. Akhirnya saya oleskan ke dada, punggung, dan lehernya supaya dia bisa enakkan. Benar saja, besoknya dia sudah nggak batuk-batuk lagi. Ah ya, yang saya coba ke Elis ini Transpulmin BB Balsam. Yakni balsam yang memang dikhususkan untuk bayi dan anak-anak.

Kegunaan, dosis dan cara pemberian

Kegunaan Transpulmin BB Balsam ini untuk meringankan hidung tersumbat karena flu, nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut, dan menghangatkan badan. Dosis dan cara pemberiannya cukup 2-4 kali sehari dengan cara digosokkan ke dada, punggung, dan leher.

Komposisi

Dari segi komposisi, Transpulmin BB Balsam mengandung 100,00 mg Eucalyptol dan 7,44 mg Chamomile setiap 1 g nya. Yang mana Eucalyptol ini bermanfaat untuk melegakan gangguan pernafasan seperti batuk dan pilek serta menghangatkan badan. Serta Chamomile yang berguna sebagai relaksasi dan anti-inflamasi.

 

2. Transpulmin Balsam Keluarga

Selain balsam untuk bayi dan anak-anak, Transpulmin juga punya varian lain, yakni Transpulmin Balsam Keluarga. Pas banget suami kemarin perutnya sempat kembung. Akhirnya saya rekomendasikan supaya beliau mengoleskan Transpulmin Balsam Keluarga.

Indikasi

Indikasi Transpulmin Balsam Keluarga ini untuk menghangatkan badan dan melegakan pernafasan.

Dosis dan cara pemberian

Cara pakainya pun tidak jauh berbeda. Cukup diusap pada dada, punggung, dan leher selama beberapa menit. Ya Alhamdulillah, kata suami sih langsung enakkan. Beliau langsung bersendawa hihi. Selain itu Transpulmin Balsam Keluarga ini juga bisa dipakai dengan cara mandi uap untuk muka. Yakni dengan cara tambahkan beberapa cm balsam ke dalam 1 liter air panas. Uap yang timbul dihirup selama beberapa menit.

Komposisi

Tiap 1 g Transpulmin Balsam Keluarga ini mengandung:

  • Eucalyptol 10%
  • Menthol 5%
  • Camphor 2,5 %
  • Sage oil 2,5%
  • Chamomile 0,744%

Bau Transpulmin ini khas balsam sekali. Tapi enak, lembut, dan tidak terlalu mencolok. Selain itu teksturnya juga lembut di kulit. Tidak lengket dan cepat meresap.

Transpulmin bisa didapatkan dengan mudah di Guardian, Century, Kimia Farma, Watson, Baby Shop dan toko-toko obat di sekitar tempat tinggal kita.

Dengan segala manfaat itu, Transpulmin bukan hanya bisa melegakan pernafasan, tapi juga bisa melegakan hati saya. Karena akhirnya saya menemukan balsam yang cocok untuk keluarga kami 😊

 

Jangan panik saat anak sakit

Maka benar kata ibu saya. Kalau anak atau keluarga sakit, intinya cuma satu. JANGAN PANIK. Tetap tenang, supaya kita bisa berpikir jernih.

Tips saat anak sakit

Terakhir saya punya sedikit tips jika anak sakit:

  1. Jangan panik, tetap tenang.
  2. Bila anak masih bayi dan ASI, gempur dengan ASI supaya ia nyaman dan daya tahan tubuhnya menguat.
  3. Jemur setiap pagi sebelum jam 08.00 selama 10-15 menit.
  4. Bila sudah makan, beri asupan makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran serta air putih yang cukup.
  5. Pijit-pijit lembut seluruh tubuh anak agar ia nyaman.
  6. Beri pelukan, karena pelukan bisa menghangatkan tubuh anak.
  7. Segera ke dokter bila sakit anak dirasa mengkhawatirkan. Dan jangan sembarang memberi obat tanpa resep.

Oke, semoga anak-anak dan keluarga kita sehat selalu yaa 😊

 

Referensi gambar: https://drive.google.com/file/d/0B_I40gGTFlOiaGIybFQ5SHcwSVk/view

10 thoughts on “Jangan Panik Saat Anak Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *