Kehamilan, Tips

Jangan Remehkan Hemoglobin Bagi Ibu Hamil

Kalau dulu pas hamil pertama 8 bulan saya tidak periksa ke puskesmas, mungkin saya tidak tahu kalau ternyata hemoglobin (HB) saya rendah. Karena selama itu saya hanya periksa di rumah sakit dan tidak pernah sampai tes diambil darah. Padahal ternyata penting banget untuk mengetahui kadar hemoglobin ibu hamil supaya melahirkan lancar. Karena kalau HB rendah, yang fatal bisa terjadi pendarahan dan harus transfusi darah hiks. 
credit: Pixabay
Makanya wajar kalau bidan deket rumah mertua dan rumah sakit yang pertama dulu nggak mau nerima saya karena ditakutkan akan terjadi pendarahan sebab HB saya rendah.

Jangan remehkan hemoglobin bagi ibu hamil

Kekurangan hemoglobin ini konon memang rentan dialami ibu hamil. Bisa juga disamakan seperti penyakit anemia. Karena hemoglobin sendiri merupakan kandungan protein yang terdapat di dalam sel darah merah yang mengandung manfaat zat besi tinggi. Fungsinya juga sangat penting yaitu sebagai pemberi oksigen di dalam darah yang nantinya akan menuju saluran pernafasan dan oksigen tersebut akan masuk ke seluruh jaringan di dalam tubuh. Makanya kalau sampai ibu hamil kekurangan HB atau anemia, akibatnya bisa fatal. Bukan cuma buat si ibu, tapi juga janin yang ada di dalam perut 🙁
Kenapa fatal? Karena ibu hamil yang kekurangan hemoglobin akan terganggu peredaran darah dan oksigennya ke seluruh tubuh. Padahal sel darah merah dan hemoglobin justru sangat dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan dan pertumbuhan si jabang bayi di dalam perut. Ada dua kategori pada ibu hamil, kekurangan sel darah merah bisa tergolong level ringan dan level berat. Tapi ringan ataupun berat harus tetap segera ditangani karena sekali lagi sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan anak.
Penyebabnya ada 6 faktor. Yaitu 
  1. Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik
  2. Dehidrasi
  3. Kurang asupan nutrisi
  4. Pendarahan
  5. Infeksi penyakit
  6. Penggunaan obat tertentu

Mengatasi hemoglobin rendah

Dulu HB saya cuma 8. Padahal yang dibutuhkan minimal 13. Entah kenapa bisa rendah. Tapi mungkin sudah sejak dulu kali ya -_- Karena memang saya sering pusing, wajah dan telapak tangan pun tergolong pucat. Bisa jadi karena asupan nutrisinya kurang. Alhasil oleh bidan dianjurkan untuk makan sayur-sayuran, terutama yang hijau-hijau seperti bayam, kangkung. Dan buah bit. Alhamdulillah saya pun merutinkan sayuran-sayuran hijau dan setelah pemeriksaan kedua jadi naik ke angka 10. 
Suami pun akhirnya ikhtiar nyari buah bit. Untunglah temannya ada yang jual. Karena nyari buah bit ini memang agak susah -_- Nggak semudah nyari wallpaper dinding murah.

Pas pertama kali buah bitnya dicoba, rasanya nggak enak banget! Jadi saya campur aja dengan buah naga lalu dijus. Rasanya jadi lebih enak hehe.

Qadarullah, suami bawa buah bit kan dua hari sebelum hari H lahiran, pas dites saat mau melahirkan di rumah sakit kedua langsung naik jadi 14 dari HB kedua yang cuma 10. Alhamdulillah akhirnya bisa melahirkan secara normal, tanpa ada drama pendarahan apalagi transfusi 🙂
Pengalaman ini jadi pelajaran penting banget buat saya yang lagi hamil kedua. Juga bisa jadi pelajaran bagi ibu-ibu hamil lain supaya lebih memperhatikan kesehatan saat hamil. Beberapa cara mengatasi hemoglobin rendah di antaranya:
  1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat, vitamin C, zat besi dan vitamin B12. Zat-zat tersebut sangat ampuh dalam mengatasi rendahnya kadar hemoglobin yang terjadi di dalam tubuh.
  2. Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mencegah penyerapan zat besi di dalam sel darah merah seperti makanan yang mengandung banyak serat, kalsium, kafein seperti di dalam bahaya kopi dan coklat.
  3. Ibu hamil juga sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung zat fosfat dan antasida. Jika memang meminum obat sebaiknya yang berasal dari resep dokter dan jangan sampai mengkonsumsi obat sembarangan.
  4. Istirahat yang cukup.
  5. Melakukan olahraga untuk ibu hamil ringan secara rutin seperti jalan-jalan di pagi hari atau bisa melakukan senam yang diperuntukkan untuk ibu hamil.
Oke Bunda, jangan remehkan soal kadar hemoglobin ya. Tetap memeriksakan kandungan secara rutin dan jaga kesehatan 🙂
Sumber referensi: http://hamil.co.id/masalah-kehamilan/gangguan-kehamilan/hemoglobin-rendah-saat-hamil

6 thoughts on “Jangan Remehkan Hemoglobin Bagi Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *