Parenting, Tips

Ayah yang Ikut Terjun Langsung Mengasuh Anak Banyak Keuntungannya Lho!

ayah mengasuh anak

Diberikan suami yang mau jadi ayah mengasuh anak itu buat saya keuntungan besar sekali. Bahkan sudah dari hamil, malah dia yang lebih peduli dengan kehamilan saya. Mulai dari ngingetin minum vitamin, susu, nemenin jalan pagi, sampai nurutin apa yang saya pengen πŸ™ˆ

Saya akui, dia memang sudah mantap menjadi ayah. Hingga menjelang lahiran pun suami rela cuti sebulan supaya bisa nemenin saya lahiran dan ngurus bayi. Masya Allah, terima kasih suamiku 😘

Keuntungan ayah terjun langsung mengasuh anak

Makanya sekarang saya juga bersyukur banget. Karena ternyata anak yang juga diasuh ayah itu banyak sekali kelebihannya. Baik untuk ibu, maupun anak-anaknya sendiri. Apa sajakah itu?

Bonding anak ke ayah lebih erat

Sejak hamil ayah intens mengajak ngobrol bayi. Mengelus perut bunda. Sampai jelang lahiran, ayah pun mau menemani bunda di sampingnya. Setelahnya, ayah mau terjun langsung mandiin si kecil. Ngajak main dan ngobrol. Mau gendong dan menenangkan bayi kalau bunda sibuk yang lain atau lagi kelelahan. Semua ini membuat bonding anak ke ayahnya jadi lebih erat.

Bahkan sejak kandungan, si bayi sudah merasakan sentuhan langsung ayahya. Sampai dia lahir pun ayah selalu ada di sampingnya. Tentu saja ini membuat anak lebih cepat mengenal ayahnya. Anak juga bisa dengan mudah bermanja dengan ayahnya. Sehingga hubungan ayah dan anak tidak kaku karena sudah terjalin sejak dalam kandungan.

Ayah tahu karakter anak

Karena bonding tadilah ayah jadi tahu juga karakter anak. Kalau anak nangis itu tandanya apa. Porsi nyusu dan makannya sebanyak apa. Anak tantrum biasanya karena apa. Bahkan waktu dan bau pupnya pun ayah bisa tahuΒ πŸ˜† Ya gimana nggak hafal kalau sehari-harinya ayah juga pegang anak 😍

Pulang kerja, ayah pegang anak. Sebelum kerja, mau bantu ngurus anak. Praktis hari libur ayah full untuk keluarga. Alhasil karakter anak mudah dibaca oleh ayah.

Ayah kompak dalam peraturan pengasuhan

Kalau ada ayah yang sulit kompak dalam pengasuhan, bisa jadi karena ayah tidak pernah terjun langsung untuk mengasuh anak. Sebab jika ayah yang terjun langsung ikut mengurus anak, pasti sudah tahu karakter anak.

Maka dalam perjalanannya ayah pasti juga akan merasakan trial and error dalam pengasuhan. Di sinilah bunda akan lebih mudah untuk mengajak ayah kompak dalam peraturan-peraturan dalam mengasuh.

Ayah tahu lelahnya bunda

Karena terjun langsung mengurus, ayah pasti tahu bagaimana lelahnya bunda. Lagi makan, tahu-tahu anak pup. Mau nggak mau harus bersihkan. Lagi asyik-asyik bersih-bersih, anak numpahin makanan. Saat ayah mengalami itu pasti dia akan tahu betapa punya anak ternyata tidak mudah. Butuh kesabaran dan kekuatan. Sehingga, ayah tidak mudah menghakimi bunda kalau sesekali ada kesalahan dalam mengurus anak.

Selain itu, ayah juga tidak mudah untuk asal bicara tambah anak dan membanding-bandingkan anak dengan yang lain πŸ˜‹

Stimulasi motorik, auditori dan peraba

Disadur dari http://lifestyle.bisnis.com/ anak yang diasuh oleh ayahnya juga punya tingkatan motorik yang lebih baik. Dan stimulasi auditori dan peraba yang lebih bagus.

Ayah memiliki frekuensi suara yang lebih rendah daripada ibu. Jika ayah sering merawat atau mengasuh anak seperti mengajak bicara hal tersebut akan berdampak terhadap stimulasi sistem auditori bayi lebih baik.

Sama halnya dengan jika ayah sering menyentuh, memeluk anak. Hal tersebut akan berdampak terhadap stimulasi sistem taktil atau peraba anak akan lebih baik.

http://lifestyle.bisnis.com/read/20150328/236/416917/ini-4-manfaat-keterlibatan-ayah-merawat-anak

Anak punya teladan yang baik

Poin terbesarnya adalah ini. Anak yang diasuh juga oleh ayahnya, akan punya tingkat kepercayaan diri lebih tinggi. Ia punya teladan yang baik secara nyata. Sebab anak yang diasuh oleh ayahnya akan punya tingkat emosi yang lebih stabil. Sehingga ke depannya anak akan mudah untuk ambil keputusan.

Baca: Terima Kasih untuk Kehadiranmu Ayah

Wah masya Allah, memang sungguh indah ya jika ayah mau ikut terjun langsung dalam mengasuh anak. Ternyata mengundang banyak manfaat yang justru lebih banyak untuk anaknya sendiri. Semoga bunda dan ayah juga bisa kompak dalam mengasuh anak ya 😊

Sekarang, boleh dong Bunda ceritakan kontribusi ayah dalam mengasuh? Kalau Ayah, boleh ceritakan kontribusi diri dalam mengasuh anak ya! 😊

Tagged , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.