Kids, Tips

Kriteria Shampo Bayi yang Bagus

Salah satu perlengkapan bayi yang penting adalah shampo bayi. Kenapa penting? Karena selain untuk membersihkan kulit kepala dan rambut bayi, juga untuk memberi wangi pada kepala bayi. Apalagi jika yang yang dipakai shampo bayi yang bagus. Biasanya malah menawarkan kelebihan-kelebihan lainnya. Seperti membuat rambut bayi cepat tumbuh tebal dan hitam warnanya.

Makanya nggak heran waktu ada seorang teman yang tanya, apakah saya memakaikan shampo ke anak-anak saya setiap hari, saya langsung jawab iya. Apalagi anak-anak saya memang sudah banyak gerak dan pegang apa saja, termasuk kadang lagi kotor-kotoran langsung pegang kepala. Jadi shampo memang berguna banget untuk membersihkan kepala bayi.

via Pixabay

Nah, lalu shampo bayi yang bagus itu gimana sih? Apa saja kriterianya?

Formulasi khusus

Shampo bayi haruslah shampo yang memang diformulasikan secara khusus untuk membersihkan rambut dan kepala bayi baru lahir sampai usia 2 tahun. Sebab rambut dan kulit kepala bayi belum berkembang sempurna seperti orang dewasa. Sehingga shampo pun harus dipilih yang lembut dan aman karena rambut dan kulit kepala bayi masih tipis dan sensitif.

Bisa digunakan setiap hari

Shampo bayi yang bagus harus bisa digunakan setiap hari tanpa menimbulkan gangguan. Jika shampo menimbulkan iritasi atau kemerahan pada kulit kepala, bisa jadi ada bahan aktif dalam shampo tersebut yang terlalu keras atau tidak cocok dengan kulit kepala bayi. Jika bayi merasa gatal setelah memakai shampo, maka pemakaian shampo harus dihentikan.

Bebas alkohol, tanpa busa berlebih, tidak pedih di mata.

Kandungan yang aman untuk shampo bayi haruslah bebas alkohol, tanpa busa berlebih, dan tidak pedih di mata. Hindari juga shampo yang mengandung parfum atau pewangi yang tajam.

Hypo-allergenic dan pH-balanced

Shampo bayi juga harus sudah teruji hypo-allergenic dan pH-balanced. Yang berarti shampo tersebut minim risiko yang menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Dan pH balance yang artinya tingkat keasaman atau pH-nya sudah disesuaikan dengan tingkat toleransi rambut bayi, yaitu 4,5-6 sehingga rambut bayi tidak mudah kusut. (Sumber: Zwitsal)

Memberi manfaat tambahan

Shampo bayi yang bagus juga biasanya memberi manfaat tambahan seperti membuat rambut lebih hitam dan tebal. Yakni ada kandungan lidah buaya, kemiri, dan seledri.

Nah itulah kriteria shampo bayi yang bagus. Banyak terjual kok di pasaran. Tinggal kita sebagai orang tua yang pintar memilih yang terbaik saja untuk si kecil 😊

Tagged , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *