Keluarga, Sponsored Post, Tips

Persiapan Mudik Bersama Keluarga

Eeeaaa bulan puasa aja belum udah ngomongin persiapan mudik a.k.a pulang kampung 😀 Ya tapi jangan salah lho. Saya yakin sebagian besar orang Indonesia yang biasa mudik mau lebaran pasti sudah memikirkan tentang hal ini. Apalagi bagi para perantau yang memang jauh dari keluarganya atau anak yang orang tuanya masih tinggal di kampung. Biasanya mudik sudah ada dalam rencana pertama mereka sebelum masuk bulan Ramadhan. 
via Pixabay
Jadi mudik ini memang bukan sekedar euforia menjelang puasa atau hari raya saja, melainkan juga sebagai ajang silaturahmi bersama keluarga. Ya secara libur hari raya ini kan juga terbilang paling lama. Sayang bangetlah ya kalau tidak dimanfaatkan 🙂
Lantas, apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum mudik? Terlebih bagi yang sudah punya keluarga?

Persiapan mudik bersama keluarga

1. Waktu keberangkatan mudik

Sudah jelas ya ini ada di poin pertama. Kita harus menentukan dulu kapan waktu kita akan berangkat mudik. Supaya kita bisa memperkirakan segala sesuatunya. Terutama dalam hal transportasi. Bagi para pekerja kantoran biasanya sudah ada gambaran berapa hari biasanya libur sebelum dan sesudah lebaran. Kalau sudah diperkirakan, maka kita bisa menyiapkan waktu keberangkatan mudiknya. Untuk selanjutnya baru kita bisa mempersiapkan hal-hal lainnya.

2. Transportasi

Ini dia yang saya bilang tadi. Karena mudik tentunya membutuhkan transportasi untuk bisa sampai di tempat tujuan. Kita harus menentukan dari sekarang mau naik apa nanti? Mobil pribadi, travel, kereta api, atau pesawat atau kapal laut? Kalau mobil pribadi paling kita tinggal mempersiapkan kondisi mobilnya ya. Beda kalau misal kita menggunakan transportasi umum seperti travel, kereta api, pesawat, atau kapal laut. Biasanya harus dipesan dari jauh-jauh hari sebelum kehabisan. Tapi sekarang sih sudah banyak ya yang menjual tiket secara online. Salah satunya yang jual tiket kereta api online. Bahkan tiket kereta api ini memang harus dipesan dari 3 bulan sebelumnya. Tahun kemarin saja saya sudah siapkan tiket pulang dari jauh-jauh hari. Kalau tidak, siap-siap meringis deh karena kehabisan huhu. Luar biasa sekali memang animo masyarakat kita urusan mudik ini.

3. Oleh-oleh

Nggak cuma yang ke kota saja yang bawa oleh-oleh, pulang kampung pun kita bisa bawa oleh-oleh. Ya sebagai pemberian buat keluarga 🙂 Tapi biasanya oleh-oleh ini disiapkan menjelang hari H berangkat mudik. Apalagi kalau niat mau bawa oleh-oleh makanan, supaya tidak cepat basi belinya nanti-nanti saja. Bisa juga beli di jalan.

4. Perlengkapan keluarga

Ini juga dipersiapkan menjelang berangkat mudik. Waktu keberangkatan, transportasi, oleh-oleh, sudah siap. Maka tinggal perlengkapan apa saja yang dibawa. Berapa lama kita di kampung? Naik apa kita nanti? Oleh-olehnya banyak atau tidak? Tinggal kita sesuaikan saja segala perlengkapannya. Baju-baju dan perlengkapan keluarga. Kalau sudah punya anak, otomatis perlengkapan anak juga harus diperhatikan. Asal jangan sampai kayak orang pindahan yang semua dibawa ya hehe. Ingat kita mau pulang kampung bukan pindahan 😀 

5. Fisik

Nah inilah poin paling utama. Ketika kita sudah menentukan waktu keberangkatan, dan segala sesuatunya, tinggal persiapkan fisik kita dan keluarga supaya prima sampai hari H. Supaya mudik tetap berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun.
Oke, mudik memang masih lama. Tapi tidak ada salahnya jika kita mulai memasukkan tradisi mudik kita dalam daftar rencana. Dengan melakukan persiapan lebih awal, insya Allah persiapan mudik bersama keluarga menjadi lebih matang. Selamat mudik! *eh 😀

5 thoughts on “Persiapan Mudik Bersama Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *