Cerita Bunda, Kehamilan, Kolaborasi

Persiapan yang Saya Lakukan Sebelum Melahirkan

Rabu tanggal 26 April kemarin, setelah periksa USG ke dokter kandungan, kehamilan saya dinyatakan sudah 32 week. Whua nggak terasa udah 8 bulan aja. Itu artinya tinggal satu bulan lagi menuju hari melahirkan. Masya Allah, deg degan euy hehe. Meskipun udah pengalaman melahirkan anak pertama, ya tetep aja ada rasa deg degan juga. Tapi saya juga nggak mau mikir yang berat-berat ah. Udah mau melahirkan gini, dibawa santai aja deh 😁
via Pixabay
So, daripada mikirin yang berat-berat, saya mau ngelist persiapan melahirkan apa saja yang bakal saya lakukan. Sebenarnya sama aja kayak Emir dulu sih. Ini persiapan yang akan saya lakukan sebelum melahirkan. 

Menentukan tempat persalinan

Dari hamil pertama sejujurnya saya lebih kepingin lahiran di bidan aja. Tapi ternyata beberapa bidan nggak berani nanganin karena Hemoglobin saya rendah. Jadilah saya dirujuk ke rumah sakit. Nah pengennya yang kedua ini bisa di bidan, biar deket sama rumah mertua. Pun kalau harus bolak-balik kan ya tinggal jalan kaki aja 😁 Kalau pun harus di rumah sakit lagi, saya kepingin di rumah sakit tempat melahirkan Emir dulu. Abis udah cocok sih sama dokter kandungan perempuannya 😁

Beli perlengkapan dan pakaian bayi.

Untuk perlengkapan dan baju, punya Emir masih banyak yang bagus, jadi paling nanti beli yang kurang-kurang aja. Kayak kasur kelambu (karena punya Emir udah rusak hihi), baju-baju tambahan. Yang benar-benar beli baru kayaknya cuma popok sekali pakai untuk New Born aja. Toiletries kayak sabun, sampo, minyak telon, krim, dan lain-lain niatnya mau saya samain aja kayak punya Emir biar nggak ribet hehe. Syukur-syukur kalau semuanya langsung cocok sama kulit si baby nanti 🙂

Mencuci dan menyetrika pakaian bayi

Ini nggak boleh ketinggalan juga. Apalagi kalau pakai pakaian yang lungsuran dari Emir otomatis harus dicuci dan disetrika ulang supaya bersih dan rapi. Kalau beli baju baru pun biasanya tetep saya cuci dan setrika. Bayi baru lahir kan harus segar :))

Menyiapkan tas persiapan lahir

Saya niat lahiran di rumah mertua lagi. Jadi sebelum pulang ke Lamongan nanti udah harus isi tas persiapan melahirkan. Kayak baju-baju bayi, baju-baju saya, kain, dan lain-lain supaya nanti pas hari H melahirkan nggak ribet lagi. Tinggal angkut tas aja deh.

Cek hemoglobin

Mengingat lahir Emir ada sedikit drama dilempar sana-sini karena kekurangan HB sampai akhirnya harus dirujuk ke rumah sakit, seperti yang udah saya bilang di atas, anak kedua ini saya kepingin banget bisa lahirnya di bidan aja. Makanya harus cek HB lagi dan mudah-mudahan aja hasilnya nggak kurang lagi. Aamiin.

Kayaknya itu aja sih persiapan yang bakal saya lakukan sebelum melahirkan. Semoga persiapannya lancar demikian pula dengan hari H melahirkannya nanti. Mohon do’a ya semua 🙏

4 thoughts on “Persiapan yang Saya Lakukan Sebelum Melahirkan

  1. saya malah ga ada cek Hb segala mak. biasa aja kalo ke dokter cuma ditimbang BB, tensi, USG, tanya permasalahan, udah.

    babynya laki pa perempuan mak? semoga lancar dan mudah nanti lahirnya. aaamiiin.

  2. Kalo Puskesmas deket rumahku ada pemeriksaan terpadu Mbak jd ada cek HB. Nah berhubung pengalaman kmrn HBku rendah, jd yg hamil kedua ini juga mau cek lagi. Buat jaga2 naikkin aja kl rendah 🙂

    Aamiin. Makasih Mak 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *