Cerita Bunda, Kids, Parenting, Tips

Pijat Bayi, Sentuhan Cinta yang Mengikatkan Bayi dengan Orang Tua

pijat bayi

Dulu, waktu awal-awal Emir lahir, saya sudah ditawari supaya Emir dipijat. Awalnya sih, sempat takut bener nggak ya, bayi butuh pijat? Mending ibunya aja yang dipijat gimana? *eeh. Tapi ternyata pijat bayi itu memang bermanfaat banget. Setelah dipijat, Emir memang beneran jadi lebih nyaman tidurnya. Begitu pun saat adiknya lahir. Saya selalu mendatangi ibu yang biasa memijat bayi, untuk memijat mereka. Apalagi kalau mereka kelihatan mulai nggak nyaman dengan tubuhnya.

Baca: 7 Keluhan yang Wajar Dialami Oleh Bayi Baru Lahir

Manfaat pijat bayi yang dilakukan langsung oleh orang tua

pijat bayi

 

Sayangnya, saya belum berani untuk benar-benar pijat sendiri. Padahal kalau ke tukang pijat gitu ya ngeliatin banget gimana mereka pijat. Cuma masih ngeri aja 🙈 Palingan kalau pijat anak-anak, saya hanya pijat-pijat pelan. Tidak dengan gerakan yang biasa dilakukan tukang pijat aja 😅 Padahal, konon pijat bayi yang dilakukan orang tua itu bagus sekali manfaatnya.

  • Saat orang tua melakukan sentuhan lewat pijat bayi, ini bisa membentuk meningkatkan kesehatan psikologis bayi. Sehingga saluran pencernaan jadi lancar dan makanan pun mudah diserap dengan baik. Selain itu, pijat juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang.
  • Sentuhan dari orang tua bisa berpengaruh pada kesehatan anak dalam jangka panjang. Dan membuat anak mampu menghadapi tekanan. Serta berpengaruh pada sistem saraf. Sebab stimulasi sensorik selama pijat terbukti membantu otak bayi untuk berkembang lebih cepat.
  • Bayi yang terbiasa dipijat lebih mudah bersosialisasi. Dan ramah pada orang lain.
  • Pijat bayi mampu meningkatkan ikatan antara orang tua dan bayi. Sehingga bayi tidak mudah rewel dan kualitas tidur bayi meningkat.

Memang benar sih, ketika saya memijat anak-anak, kelihatan anak itu lebih nyaman. Kadang sama ibu-ibu pijat gitu suka nangis. Tapi mungkin kalau dengan orang tuanya, anak lebih merasa nyaman karena memang ada ikatan yang lebih kuat.

Johnson’s sentuhan cinta untuk edukasi para ibu

Penelitian juga menunjukkan jika 1000 hari pertama kehidupan adalah periode emas yang penting bagi kehidupan bayi sampai bayi beranjak dewasa. Tidak hanya nutrisi yang cukup, melainkan juga rangsangan lewat sentuhan ibu saat memijat dan memandikan bayi.

pijat bayi

Karena itu, Johnson’s, yang merupakan salah satu perusahaan produk bayi terkemuka, melakukan kampanye pijat bayi yang diberi judul Sentuhan Cinta. Program ini bertujuan untuk mendorong para ibu di Indonesia agar terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi selama periode emas.

Johnson’s juga bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Roadshow edukasi Johnson’s sentuhan cinta

Dalam programnya, Johnson’s mengajak para ibu di Indonesia berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk:

  • Setiap pembelian produk JOHNSON’S® di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25.000,-
  • Setiap pembelian JOHNSON’S® oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta.

Dari transaksi di atas, para ibu otomatis bisa menyumbang Rp500 (lima ratus rupiah) untuk membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

Tidak hanya itu, agar lebih pasti bayi Indonesia mendapat perawatan terbaik, Johnso’s juga melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang tim edukasi profesional Johnson’s untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

pijat bayi

Senang deh kalau ada yang peduli dengan ibu dan anak seperti ini. Tidak dipungkiri, saya sebagai orang tua pun merasakan kebutuhan bayi di periode pertama ini memang harus optimal sekali. Kelihatannya mungkin agak repot di awal. Tapi apa yang kita tanam, kelak itulah yang kita tuai. Jika orang tua maksimal di 1000 hari pertama bayi, maka periode selanjutnya akan lebih mudah untuk dijalani.

Salah satunya lewat sentuhan cinta yakni pijat bayi. Tak hanya bermanfaat untuk bayi, pijat juga sangat menguntungkan untuk meningkatkan ikatan orang tua dan anak. Dengan begitu, semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat dan berkembang optimal 😍

Tagged , , , , , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.