masa toddler
#BincangKeluarga, Cerita Bunda, Cerita Elis, Cerita Emir

#BincangKeluarga: Masa Toddler Anak Jarak Dekat

Masa-masa anak bayi sudah terlewati. Tapi soal kesabaran, jangan ditanya. Rasanya harus setiap hari kudu direstock terus. Kalau tidak, bukan cuma anak yang tantrum, tapi bisa-bisa orang tuanya juga ikutan tantrum 😴 Yah, anggap saja ini curhatan dari seorang ibu dua anak jarak dekat yang dua-duanya sudah masuk masa toddler. FYI dulu ya: Usia toddler adalah usia antara 1-4 tahun,…

Continue Reading

mendidik anak
Parenting

Kita, Para Orang Tua adalah Andil Terbesar dalam Mendidik Anak

Saya semakin yakin, bahwa orang tua adalah andil terbesar untuk mendidik anak. Ini karena saya punya pengalaman kurang enak. Jadi ceritanya saya pernah chat dengan seorang anak SMA. Yang bikin kaget, dia tiba-tiba ngomong “Banyak banget nj*rrr, ngirimnya haha.” Saya shock dong. Dalam hati istighfar banget. Selow, De dalam hati saya. Toh dia hanya kaget karena lu kirim foto banyak…

Continue Reading

orang tua
#PillowTalk, Parenting, Tips

#PillowTalk: Orang Tua Sering Emosi dengan Anak? Bisa Jadi itu Karena Masa Lalu

Saya sering bertanya pada suami, “Kenapa menjadi orang tua itu sulit? Apa karena kita tidak bersyukur? Apa karena kita tidak bersabar?” Tapi faktanya, ada orang tua yang marah-marah, tapi tetap sayang pada anaknya. Ada orang tua yang bisa menerima kekurangan anaknya, meskipun sesekali dia harus goyah emosinya. Saya bingung, kenapa bisa seperti itu? Saya juga sering bertanya pada teman-teman saya.…

Continue Reading

Cerita Bunda, Parenting, Untitled

#IloveMyImperfections, Karena Semua Ibu adalah yang Terbaik

Punya anak usia dua dan satu tahun bikin saya makin percaya bahwa saya bukan orang tua yang sempurna. Mungkin memang tidak ada orang tua sempurna itu. Toh semua manusia memang punya kekurangan, kan? Ketika waktu berjalan dan kondisi berbicara, rasanya saya harus bisa berdamai dengan ekspektasi-ekspektasi yang tak sejalan dengan teori-teori parenting. Tidak, saya sama sekali tidak sedang menyalahkan teori…

Continue Reading

Keluarga, Kids, Tips

5 Wahana Terbaik di Dufan untuk Dijajal Bareng Keluarga

Buat Ayah Bunda yang ada di Jakarta dan sekitarnya, akhir pekan ini mau kemana nih? Wisata yang dekat-dekat aja. Itu lho ke Dunia Fantasi. Duh saya kangen banget. Tempat wisata yang akrab disebut Dufan ini nggak membutuhkan banyak waktu untuk perjalanan karena lokasinya yang dekat dengan Jakarta. Ditambah lagi, dengan banyaknya ragam permainan di sana, pasti bakal bikin liburan keluarga…

Continue Reading