gagal menjadi ibu
Cerita Bunda, Parenting

Ketika Diri Merasa Gagal Menjadi Ibu. Gagal Menurut Siapa?

Ada hal yang paling membuat saya sedih ketika menjadi seorang ibu. Ketika saya merasa diri GAGAL menjadi ibu. Tapi tidak, ternyata ada yang lebih sedih lagi. Yakni ketika saya tahu atau saya melihat seorang teman merasa dirinya GAGAL menjadi ibu. Sampai sini saya jadi berpikir, GAGAL ini apa sih? Gagal menurut siapa? Mengapa kita merasa gagal? Apakah ada ibu yang…

Continue Reading

Pernikahan

Mereka Para Pencinta Sejati yang Bertahan Hingga Tutup Usia

Hari ini Ibu Ani Yudhoyono meninggal. Saya beneran sedih banget 😭 Apalagi pas lihat ekspresi sedih dari Bapak SBY, hiks rasanya kok saya jadi ikutan pengen nangis 😭 Seketika saya langsung ingat ibu yang bulan November lalu juga baru saja ditinggal ayah 😭 Kejadian hari ini bikin saya auto kepingin terus bahagiain pasangan 😭 Karena akhirnya saya sadar bahwa, siapa…

Continue Reading

pijat bayi
Cerita Bunda, Kids, Parenting, Tips

Pijat Bayi, Sentuhan Cinta yang Mengikatkan Bayi dengan Orang Tua

Dulu, waktu awal-awal Emir lahir, saya sudah ditawari supaya Emir dipijat. Awalnya sih, sempat takut bener nggak ya, bayi butuh pijat? Mending ibunya aja yang dipijat gimana? *eeh. Tapi ternyata pijat bayi itu memang bermanfaat banget. Setelah dipijat, Emir memang beneran jadi lebih nyaman tidurnya. Begitu pun saat adiknya lahir. Saya selalu mendatangi ibu yang biasa memijat bayi, untuk memijat…

Continue Reading

Kids, Tips, Untitled

Stop Body Shaming! Karena Bagi Seorang Ibu Anak adalah Anugerahnya

Baru-baru ini ada kabar tidak enak dari salah seorang artis yang mengalami serangan cacian dari netizen. Memang bukan sang artisnya, melainkan anaknya yang dihina. Kalau mau diperkarakan, bisa saja artis tersebut melapor ke pihak yang berwajib. Toh sekarang sudah ada Undang-undang ITE tentang Body Shaming. Tapi sepertinya tidak diperpanjang. Malas juga kali ya meladeni orang-orang yang kita nggak kenal kayak…

Continue Reading

Cerita Bunda, Parenting, Untitled

#IloveMyImperfections, Karena Semua Ibu adalah yang Terbaik

Punya anak usia dua dan satu tahun bikin saya makin percaya bahwa saya bukan orang tua yang sempurna. Mungkin memang tidak ada orang tua sempurna itu. Toh semua manusia memang punya kekurangan, kan? Ketika waktu berjalan dan kondisi berbicara, rasanya saya harus bisa berdamai dengan ekspektasi-ekspektasi yang tak sejalan dengan teori-teori parenting. Tidak, saya sama sekali tidak sedang menyalahkan teori…

Continue Reading