inner child
Parenting

Inner Child dan Memaafkan Orang Tua

Saya terharu banget sama tulisan Nahla tentang Orang Tua Kita Nggak Sempurna. Saya nggak bisa untuk tidak setuju lebih banyak. Tulisan Nahla benar-benar ngambil perspektif yang beda dari kasus motherhood dan inner child yang selama ini selalu digaung-gaungkan. “Kita boleh menjadi ibu yang tidak sempurna. Kita memang tidak bisa menjadi orang tua yang sempurna.” Tapi untuk membalikkannya lagi pada orang…

Continue Reading

mainan anak
#BincangKeluarga, Cerita Bunda, Kids, Tips

Sebelum Membelikan Mainan Anak, Saya Punya Kriteria Ini

Mbak Rosa ngajakin nulis tentang kriteria saat membelikan mainan anak. Saya sih hayo aja. Apalagi sudah mulai jarang ada ide buat Celoteh Bunda huhu. Meski sejujurnya, saya dan suami sudah jarang banget beliin mainan buat anak-anak 🙈 Ya habis mainan mereka masih banyak. Apalagi saya masih punya stock mainan yang belum dikeluarkan karena nunggu anak-anak lebih mengerti dulu. Saya juga…

Continue Reading

pijat bayi
Cerita Bunda, Kids, Parenting, Tips

Pijat Bayi, Sentuhan Cinta yang Mengikatkan Bayi dengan Orang Tua

Dulu, waktu awal-awal Emir lahir, saya sudah ditawari supaya Emir dipijat. Awalnya sih, sempat takut bener nggak ya, bayi butuh pijat? Mending ibunya aja yang dipijat gimana? *eeh. Tapi ternyata pijat bayi itu memang bermanfaat banget. Setelah dipijat, Emir memang beneran jadi lebih nyaman tidurnya. Begitu pun saat adiknya lahir. Saya selalu mendatangi ibu yang biasa memijat bayi, untuk memijat…

Continue Reading

masa toddler
#BincangKeluarga, Cerita Bunda, Cerita Elis, Cerita Emir

#BincangKeluarga: Masa Toddler Anak Jarak Dekat

Masa-masa anak bayi sudah terlewati. Tapi soal kesabaran, jangan ditanya. Rasanya harus setiap hari kudu direstock terus. Kalau tidak, bukan cuma anak yang tantrum, tapi bisa-bisa orang tuanya juga ikutan tantrum 😴 Yah, anggap saja ini curhatan dari seorang ibu dua anak jarak dekat yang dua-duanya sudah masuk masa toddler. FYI dulu ya: Usia toddler adalah usia antara 1-4 tahun,…

Continue Reading

siap punya anak
Cerita Bunda, Parenting

Siapa yang Tahu Parameter “Kapan Kita Siap Punya Anak Lagi?”

Sedari kemarin saya bertanya-tanya sendiri, “Sebetulnya, apa sih parameter siap punya anak?” Apakah ketika anak kita sudah berumur sekian sekian? Apakah ketika kita sendiri memang merasa sudah mampu? Tapi yang akhirnya saya pahami justru tidak ada satu pun dari kita yang barangkali benar-benar memahami parameter kapan kita siap punya anak. Kenapa? Karena sesungguhnya, anak itu hak prerogatif Allah. Manusia boleh…

Continue Reading