Uncategorized

Wah Ternyata Manfaat Air dan Ampas Teh itu Banyak Lho!

Suami saya suka sekali ngeteh. Kalau saya entah kenapa nggak begitu suka kalau bikin sendiri. Tapi kalau dibikinin malah suka. Entahlah rasanya kayak beda aja gitu antara dibikinin sama bikin sendiri. Haha aneh emang. Tapi nggak cuma teh-nya, manfaat air dan ampas teh memang banyak. Kata ibu saya salah satunya bisa merawat rambut. Saya belum pernah coba sih, cuma setelah saya cari referensi memang benar. Jadi ini karena teh mengandung antioksidan yang bisa membantu folikel rambut untuk produksi rambut baru dengan pertumbuhan yang cepat dan melancarkan peredaran darah yang menyediakan oksigen lebih banyak.

Sayang banget nih selama ini saya terlalu malas untuk manfaatin air dan ampas teh. Padahal manfaatnya nggak hanya untuk rambut, tapi juga bisa untuk lainnya. Nih saya ambil referensi dari website Sariwangi.

Manfaat air dan ampas teh untuk kehidupan sehari-hari

Membuat mata segar

Caranya mudah. Tinggal lapisi ampas teh dengan kain, lalu tempelkan di mata. Bisa juga ditempelkan langsung kalau nggak mau repot hehe.

Mengurangi jerawat

Yang ini saya juga baru tahu nih kalau teh ternyata bisa mengurangi jerawat. Caranya dibikin masker aja. Tinggal tambahkan sedikit air ke ampas teh, usapkan langsung ke wajah deh hingga 5 menit. Setelahnya, dibilas pakai air bersih.

Sebagai lulur tubuh

Kalau ini saya juga suka pakai. Biasanya saya suka beli lulur yang teh hijau. Tapi ini kan sudah enak ya berbentuk lulur. Kalau mau bikin sendiri ternyata juga nggak susah. Diamkan teh semalaman dan jangan sampai kena kotoran. Bisa ditutup di tempat penyimpanan yang rapat. Esok harinya, ambil sedikit ampas teh dan balurkan ke sekujur tubuh. Diamkan sampai meresap dan lakukan pemijatan seperti kita sedang melulur. Pemijatan berguna untuk membuang kotoran dan sel kulit mati.

Menghilangkan bau kaki

Kakimu bau? Pake air teh aja. Kalau yang ini pakai teh hitam. Karena teh hitam mengandung tanin yang bisa membunuh bakteri dan menutup pori-pori di kaki. Tanin inilah yang bisa mencegah bau kaki.

Menyuburkan Tanaman

Ini kebiasaan ibu saya banget. Biasanya teh yang sisa kemarin, sama ibu dipakai untuk menyiram tanaman. Dan memang terbukti, tanamannya uwh tumbuh subur hijau menyejukkan. Bisa juga dengan cara ditaburkan ampas teh sambil ditekan ke dalam tanah.

Menghilangkan bau amis peralatan dapur

Kadang pakai sabun cuci piring kan suka belum hilang ya baunya. Nah kalau begitu setelah dicuci, rebus ampas teh, lalu rendam di peralatan dapur yang telah dicuci. Setelah itu diamkan selama 20 menit. Konon bau amis akan terserap di ampas daun teh tersebut.

Teh bukan sekedar hidangan minuman

Wah luar biasa ya manfaatnya. Teh yang selama ini kita kira hanya bisa jadi hidangan minuman di saat santai atau pertemuan saja, ternyata punya banyak manfaat yang sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari khususnya dalam kehidupan rumah tangga. Hmm, jadi bisa meminimalisir sampah deh kalau gitu. Setelah teh nya kita seduh dan minum, air dan ampasnya kita taruh untuk digunakan sesuai keperluan 😍

Memang Allah menciptakan segala sesuatunya itu tidak ada yang sia-sia ya. Perkebunan teh yang segitu suburnya di Indonesia, bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya. Baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun untuk kebutuhan sehari-hari rumah tangga.

Nah gimana nih, Ayah Bunda sudah ada yang mencoba langsung manfaat teh belum? Atau sudah mempraktekkan cara-cara di atas? Share yuk supaya bermanfaat untuk yang lain 😀

Tagged , , , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

6 thoughts on “Wah Ternyata Manfaat Air dan Ampas Teh itu Banyak Lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.