Menyusui, Sponsored Post, Tips

ASI Beserta Manfaatnya Bagi Perkembangan Otak Anak dan Kecerdasannya

Alasan saya berniat kuat untuk menyusui adalah karena saya tahu bahwa Air Susu Ibu adalah yang terbaik untuk perkembangan otak anak dan kecerdasannya. Maka wajar kalau saya dulu termasuk keukeuh bahkan sampai bela-belain makan minum segala booster ASI 😁

Mengapa harus ASI?

Para ilmuwan telah mengungkapkan adanya komponen dalam ASI yang berperan dalam mengoptimalkan pertumbuhan otak si buah hati, dan kita tahu bahwa organ otak sangat erat dengan tingkat kecerdasan.

ASI, makanan paling sempurna untuk bayi.

Makanan paling sempurna untuk bayi baru lahir adalah ASI. Karena sangat mudah dicerna oleh bayi yang sistem pencernaannya masih sensitif serta memiliki kandungan zat gizi yang sangat kaya dan tepat untuk kebutuhan bayi. Selain itu, ASI juga mampu melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi akibat bakteri, parasit, jamur, dan virus yang rentan dialami oleh bayi bahkan juga mampu menjauhkan bayi dari penyakit kronis dan akut di masa mendatang.

Terlebih kolostrum, atau ASI yang pertama kali keluar, memiliki kandungan IgA yakni zat kekebalan yang tidak ada di dalam susu formula.

Maka dari itu, ASI adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan gizi anak. Sebab di dalam ASI, terkandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi untuk menunjang pertumbuhan perkembangannya. Bahkan juga berpengaruh pada kemampuan kognitif serta belajar anak hingga ia dewasa nanti.

 

ASI berpengaruh pada kemampuan kognitif anak

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 1.300 partisipan dari Boston Children’s Hospital, pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan penuh (tanpa pendamping makanan atau minuman apapun) hingga anak berusia 2 tahun dan sudah diiringi dengan makanan pendamping ASI, memiliki tingkat IQ dan kemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak diberikan ASI oleh ibunya.

Dalam penelitian ini, tes IQ dilakukan ketika anak berusia 3 tahun dan 7 tahun. Pada anak yang berusia 3 tahun dan diberikan ASI eksklusif ditemukan kemampuan motorik, menggambar, serta kemampuan visual yang lebih baik. Sedangkan pada anak yang berusia 7 tahun, tes yang dilakukan adalah tes kemampuan verbal serta nonverbal, dan diketahui bahwa kemampuan verbal serta nonverbal pada anak yang diberikan ASI eksklusif lebih bagus.

ASI mengandung DHA yang penting untuk perkembangan otak anak

Studi telah membuktikan bahwa ASI memiliki dampak yang sangat baik dalam kelangsungan hidup anak. Baik dari status gizi, kesehatan, serta perkembangan dan pertumbuhan anak, juga meningkatkan fungsi kognitif anak. Hal tersebut disebabkan karena ASI mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid yaitu jenis asam lemak tidak jenuh ganda yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Setiap ibu yang menghasilkan ASI memiliki kandungan DHA dan AA di dalam ASI-nya, tetapi setiap ibu memiliki kadar DHA dan AA yang berbeda-beda, tergantung dengan diet serta makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Beberapa penelitian menyatakan bahwa ibu yang sering mengonsumsi makanan laut yang tinggi akan DHA, seperti ikan salmon dan ikan tuna, memiliki kandungan DHA yang lebih banyak dalam ASI-nya.

Selain docosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid, ASI juga mengandung kolesterol dan laktosa. Kolesterol dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal bayi. Karena mereka membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu yang diperlukan untuk pembentukan jaringan syaraf yang salah satunya terdapat pada otak mereka.

Sedangkan Laktosa merupakan satu varian gula yang menjadi komponen gula utama dalam ASI. Di dalam tubuh bayi, laktosa dipecah menjadi 2 molekul yang sederhana yakni glukosa dan galaktosa.

Galaktosa diketahui berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak. Susu sapi termasuk susu formula berbahan dasar susu sapi juga mengandung laktosa, namun tidak setinggi pada ASI.

Ya, itulah segudang manfaat ASI bagi bayi, terutama untuk perkembangan otak anak dan kecerdasannya. Semoga saja informasi ini juga bisa bermanfaat bagi Bunda yang berniat hamil, sedang hamil, maupun dalam waktu menunggu sang buah hati lahir ke dunia 🙂

sumber referensi: 
https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/asi-eksklusif-pengaruhi-otak-anak/ 
http://balitapedia.com/3-komponen-ajaib-dalam-asi-untuk-kecerdasan-anak/3366

3 thoughts on “ASI Beserta Manfaatnya Bagi Perkembangan Otak Anak dan Kecerdasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *