Cerita Bunda, Kehamilan

Hal-hal yang Tidak Saya Sukai, Tapi ‘Terpaksa’ Dilakukan Saat Hamil

Bukan hanya pernikahan yang membuat saya belajar tidak egois, tapi hamil dan menjadi calon ibu juga membuat saya belajar untuk mengalahkan ego. Saya bisa saja memikirkan diri sendiri, tapi  saya juga harus siap ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada kandungan saya. Hiiy naudzubillah.
Alhamdulillah saya punya suami yang begitu perhatian. Beliau tidak hanya ingin saya senang, tapi juga beliaulah yang sering jadi rem atau kendali jika saya mulai melenceng dan egois terutama soal kehamilan dan anak.
https://pixabay.com/en/pregnant-nature-mom-775028/
Makanya, kalau mau diakui, banyak hal yang sebenarnya tidak saya suka, tapi ‘terpaksa’ harus saya lakukan, supaya bayi yang ada dalam kandungan tetap sehat dan baik-baik saja.

Hal-hal yang tidak saya sukai, tapi ‘terpaksa’ dilakukan saat hamil

Tetap makan meski mual
Saya pernah cerita, saat hamil Emir dulu saya mual parah. Kalau menuruti ego, saya sama sekali tidak ingin makan. Bahkan makan buah, biskuit atau makanan enak sekalipun rasanya tetap tidak selera karena rasa mual. Tapi kalau saya tidak makan, mual akan tambah parah dan bisa keluar cairan warna kuning karena perut tidak terisi hiks. 
Itu sebabnya, suami juga memilih menuruti saya untuk membeli makanan apa saja yang saya mau asalkan saya mau makan. Tentunya selama makanan itu masih dalam batas aman dan wajar bagi ibu hamil.
Tetap minum susu meski tidak suka susu
Bukannya nggak suka susu juga sih, karena pada dasarnya saya masih suka susu UHT atau murni atau susu kemasan. Saya cuma tidak suka susu yang harus diseduh dulu. Aneh sih, tapi ya itulah kenyataannya 😄 Dan saat hamil, saya harus minum susu hamil yang diseduh dulu. Meskipun ada susu hamil yang UHT, tapi boros kan kalau harus beli kemasan yang kecil terus hehe.

Mengapa harus minum susu hamil? Begitu pikir saya dulu. Ternyata, susu hamil sangat bermanfaat. Anak tumbuh menjadi tinggi karena kalsium yang terkandung di dalam susu hamil yang diminum ibu, mengurangi resiko diabetes 2 pada anak nantinya, mengurangi osteoporosis karena susu mempunyai kalsium yang cukup, dan membuat si kecil terhindar dari penyakit rakhitis atau melemahnya tulang akibat kekurangan vitamin D. Ya, ternyata susu hamil yang diminum sang ibu, sebenarnya juga untuk kesehatan si kecil setelah lahir nanti 🙂
Tetap minum obat meski tidak suka obat
Saya tipe yang aslinya tidak suka dengan obat-obatan. Tapi berbeda saat hamil, saya harus minum beberapa obat mual dan penguat, juga vitamin. Ini pun bukan bermanfaat buat ibu saja agar kehamilan tetap sehat, kuat, dan terjaga, tapi juga bermanfaat bagi bayi yang ada dalam kandungan.

Tetap menjaga pikiran walau banyak masalah
Nah ini yang terpenting dari semuanya. Tidak peduli ada masalah seberat apapun, ibu hamil tetap harus menjaga pikirannya agar tidak dilanda stres agar tidak pengaruh ke janin dalam kandungan. Karena konon bayi bisa merasakan emosi sang ibu. Jika sang ibu sedih, bayi juga merasa. 
Sulit sebenarnya, tapi percayalah, jika kita punya rasa cinta yang besar pada bayi kita, kita pun akan dengan sendirinya menjaga pikiran dan hati sekuat mungkin 🙂
Ada hal-hal yang mungkin memang tidak kita suka, tapi jika itu sudah menyangkut orang tersayang maka ego pun harus dikalahkan. Pun begitu halnya hamil yang artinya ada bayi di dalam perut kita. Karena kehamilan memang suatu anugerah Tuhan yang harus dijaga baik-baik 🙂
Bunda, ada yang pernah mengalami juga? Tidak suka, tapi ‘terpaksa’ harus dilakukan saat hamil? :))
Semangat ya 🙂

10 thoughts on “Hal-hal yang Tidak Saya Sukai, Tapi ‘Terpaksa’ Dilakukan Saat Hamil

  1. tetap makan saat mual, aku anak kedua itu mual kalau makan sampai pernah berhari2 gak makan hanay susu saja yg masuk. trus pernah namu ke tetangga diajak makan loh kok gak mual, akhirnay selama hamil aku makan di tetangga, aneh ay

  2. Sehat sehat ya mba hamilnya sampai due date nanti. Klo saya dlu bandel nih saat hamil, break the rules mlulu. Jangan ditiru tp ya. Dan efeknya skrg berasa di anak ke 3. Klo andai dksi amanah lg sama Allah kyknya sy akan lbh hati2 deh. Bener bgt kyk mba blg kdg kita ga blh egois. Kesehatan saat hamil adalah awal kesehatan si bayi saat lahir nanti

  3. Demi anak ya mbak, ga suka gimanapun, bakal ttp kita lakuin demi kebaikan dia :). Aku selama hamil dulu dipaksa mama bnyak makan sayur dan susu kedelai. Katanya biar anaknya putih dan bersih :p. Aku ga suka susu kedelai, tp aku paksa demi anakku bersih kulitnya.. Untungnya beneran begitu :p. Aku bisa ngedumel kalo pas lahir trnyata ga kyk yg dibilang :p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *