Kehamilan, Tips

Kiat-kiat Melahirkan Secara Normal

Saya pikir sudah jadi keinginan setiap calon ibu untuk melahirkan secara normal. Alhamdulillah. pertama kali jadi ibu, saya bisa merasakannya. Berdasar pengalaman, saya ingin membeberkan apa yang membuat saya bisa menjalani persalinan normal. Yang barangkali juga bisa calon bunda lakukan 🙂


1. Rutin periksa kandungan
Rutin memeriksakan kandungan membuat kita tahu kondisi janin dan ibu. Apakah sehat atau tidak. Apakah berat badan ibu sudah sesuai dengan usia kandungan atau belum. Berat bayi juga mempengaruhi. Seperti saya, saat kontrol terakhir pas 9 bulan, berat badan bayi sudah 2,3 kg. Karena suami takut saat lahir bayinya besar, maka saya pun dianjurkan mengurangi konsumsi susu hamil. Yang biasanya per hari minum 2 gelas, jadi 1 gelas per hari. Karena jika bayinya kebesaran, dikhawatirkan tidak bisa lahir normal. Apalagi badan saya memang tergolong kecil. Batas bayi lahir normal itu kan 2,5 kg sampai 3,7 kg ya *CMIIW. 
2. Perbanyak jalan kaki, nongkrong ataupun sujud
Bukan hal baru jika ibu hamil sering disarankan untuk banyak jalan kaki saat usia kandungan sudah 7 bulan ke atas. Alasannya karena usia 7 bulan, kepala bayi sudah bisa pindah posisi. Lebih dimantapkan lagi dengan nongkrong ataupun perbanyak posisi sujud. Benarlah kata orang tua, posisi nongkrong atau sujud bisa memudahkan jalan lahir.

3. Pilih tempat persalinan yang mendukung persalinan normal
Sejak awal, saya sudah punya rencana ingin melahirkan di bidan dekat rumah mertua. Walaupun sehari-harinya kontrol di rumah sakit. Nah kalau bunda ingin melahirkan secara normal di rumah sakit, tidak ada salahnya pilih rumah sakit yang sekiranya pro normal. Saya tidak bilang bahwa ada rumah sakit yang tidak pro normal, tapi mencari info tentang ini juga tidak ada salahnya. Setidaknya track record rumah sakit bisa dijadikan acuan. Barangkali bisa dari pengalaman orang-orang yang melahirkan di rumah sakit tersebut. 
4. Lihat riwayat keluarga
Saya orang yang percaya dengan riwayat keluarga. Apapun itu. Penyakit maupun riwayat persalinan. Di keluarga saya, mulai dari nenek, ibu, kakak, sampai saudara-saudara, Alhamdulillah memiliki riwayat persalinan normal. Dan tidak satupun yang pernah menjalani operasi. Maka dari itu, saya yakin saya pun bisa menjalani persalinan secara normal.

5. Lupakan kalimat-kalimat negatif atau mitos-mitos
The power of foccus! Sejak hamil, saya memilih lebih cuek. Saya fokus pada apa yang bisa saya lakukan. Dengan kata lain masa bodo dengan kata-kata orang apalagi mitos-mitos yang seringkali tidak masuk akal. Namanya hidup, tidak lepas dari omongan orang. Jadi jika bunda sebentar lagi akan melahirkan, tidak ada salahnya menyegarkan pikiran dengan menjauh sejenak dari orang-orang yang membawa pengaruh negatif. 

6. Tetap jaga kesehatan fisik
Dengan rutin memeriksakan kandungan tadi, kita jadi tahu apakah kondisi kita dan calon bayi sehat atau tidak. Jika ada keluhan, sebaiknya segera diatasi. Seperti saya misalnya. Saat periksa darah ternyata HB (Hemoglobin) saya rendah. Kalau rendah dikawatirkan perdarahan dan bisa saja jadi tidak bisa melahirkan secara normal. Ya untung saja punya suami siap siaga hehe. Jadi sebelum lahiran, saya sering makan sayuran yang hijau-hijau juga buah bit untuk menambah HB. Alhamdulillah sebelum melahirkan benar bertambah dari 8 jadi 12. Dan pahami juga bahwa di dalam perut kita ada seorang manusia, jadi bunda bisa menanamkan sugesti positif untuk terus sehat dengan menjaga makanan, istirahat yang cukup dan olahraga.

7. Tetap yakin dan berpikir positif
Dari awal saya sudah menanamkan dalam diri bahwa saya bisa melahirkan secara normal. Itu saja yang saya pikirkan. Jadi saya tidak mau membayangkan bagaimana jika seandainya saya tidak bisa normal, bagaimana seandainya saya harus operasi. Karena pikiran seperti itu hanya akan menambah beban pikiran juga bisa saja masuk ke dalam alam bawah sadar, sehingga fisik saya juga jadi tidak siap untuk melahirkan secara normal. 
8. Tetap berdo’a pada Yang Maha Kuasa
Pada siapa lagi kita menggantungkan harapan jika bukan pada Yang Kuasa. Bagi umat muslim, bisa perbanyak sholat sunnah. Selain untuk memohon dengan sangat agar bisa melahirkan secara normal, sholat juga bagus, karena di dalamnya ada posisi sujud yang bisa melancarkan proses persalinan.
Pada akhirnya, Yang Maha Kuasalah yang menentukan. Kita manusia hanya bisa berusaha juga berdo’a. Kalaupun semua usaha sudah kita lakukan, lalu kondisi mengharuskan dengan jalan lain atau operasi, maka ya sudah jalani saja. Pahami bahwa seorang ibu juga tidak boleh egois. Karena ada seorang manusia yang menanti untuk lahir ke dunia 🙂

6 thoughts on “Kiat-kiat Melahirkan Secara Normal

  1. sebenarnya semua perempuan bisa saja lahiran secara normal, namun kadang-kadang ada sedikit kendala dimana jalan satu-satunya adalah harus SC. Aku 3 kali melahirakan normal, walau di persalinan anak kedua sempat mengalami kendala yang bikin aku hampir pingsan 🙂 Intinya sih, harus yakin dan berdoa diberikan yang terbaik saja ya.

    Btw, nomor 6 nya dobel tuh :p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *