#BincangKeluarga, Pernikahan

#BincangKeluarga: Suami Cemburu itu Kebaikan Bagi Istri

suami cemburu

Saya lagi baca buku Hijrah Sakinah yang ditulis Hannya Dewanti. Buku ini bagus untuk suami istri terutama suami istri yang mungkin sedang menghadapi masalah rumah tangga. Saya nggak akan jabarin lebih lebar bukunya. Cuma ada salah satu isinya yang menarik banget buat dibahas. Yakni tentang suami cemburu.

Baca punya Mbak Rosa:

Suami Cemburu

Di dalam buku ini ada bahasan bahwa dalam Islam itu suami memang wajib punya rasa cemburu. Bahkan Allah mengancam laki-laki yang tidak punya rasa cemburu dengan menyicipi surga. Subhanallah.

Berarti perkara cemburunya suami ini serius ya. Setiap yang Allah sudah atur itu pasti memang baik. Termasuk dalam hal suami cemburu ini. Ketika suami tidak punya rasa cemburu, maka pasti dia tidak bisa membimbing istrinya ke arah lebih baik. Kasarannya apa yang mau istrinya lakukan ya sesuka dia aja dan itu tidak jadi masalah buat dia. Sekilas nampak baik-baik saja. Kenyataannya?

Kebebasan itu peduli dan respect

Masih ingat saya pernah bahas tentang kebebasan setelah menikah? Di situ saya nulis bahwa kebebasan itu boleh TAPI harus tahu batasan. Nah dalam konteks ini ketika suami sangat membebaskan istrinya, itu artinya suami bukan memberi kebebasan. Tapi suami justru tidak sayang dan tidak peduli dengan istrinya. Karena kebebasan itu artinya peduli dan respect. Rasa saling menghargai dan menghormati.

Suami berhak mengatur istrinya karena memang dia jadi pemimpin dalam rumah tangga. Kalau dia saja membebaskan istrinya melakukan apapun, maka patut diragukan kepemimpinannya. Sebab tugas utama seorang pemimpin itu untuk membawa anggotanya ke arah yang lebih baik.

Suami cemburu adalah kebaikan bagi istri

Saya sering menemukan istri yang kelewat batas memuji-muji laki-laki lain. Konteksnya mungkin cuma bercanda atau seru-seruan aja. Tapi sepemahaman saya, laki-laki itu rasa harga dirinya tinggi. Jadi belum tentu dia yang terlihat tenang-tenang saja saat kita memuji laki-laki lain, di hatinya baik-baik saja. Bisa jadi dia malah memendam sendiri kecemburuan itu. Dan ya tentu saja ini akan menyakiti hatinya.

Sama halnya seperti istri yang bergaul dengan laki-laki lain. Setelah menikah jangankan dengan laki-laki, bergaul dengan sesama perempuan saja sudah harus tahu batasan. Sebab ketika kita sudah menikah akan lebih banyak hal yang tidak boleh kita umbar. Maka ketika laki-laki damai saja ketika melihat istrinya bercanda berlebihan dengan laki-laki lain, harus dipertanyakan kemana kah rasa cintanya karena ia tidak cemburu.

Belum lagi soal aurat. Setelah menikah maka tanggung jawab perempuan akan berpindah ke suaminya. Perempuan yang mengumbar aurat lantas suami tidak merasa bermasalah, artinya suami belum memahami agama secara keseluruhan. Sebab menutup aurat itu wajib terlebih di hadapan non mahram. Kalau istrinya tidak menutup aurat, maka suaminyalah yang berdosa karena membiarkan istrinya berpenampilan terbuka.

Allah saja punya cemburu, apalagi manusia?

Ya, ternyata cemburu itu tidak melulu buruk. Justru cemburu dibutuhkan dalam pernikahan sebagai bumbu rasa cinta. Selama bukan cemburu berlebihan, cemburu berarti tanda sayang. Seperti yang dikatakan dalam buku Hijrah Sakinah,

Cemburunya suami itu juga sangat dibutuhkan untuk mengontrol istri dan keluarga.
Sifat cemburu ini menjadi batasan toleransi bagi suami mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh istri.

Kalau Allah saja cemburu melihat umat-Nya berpaling dari beribadah pada-Nya, apalagi kita sebagai manusia yang terbatas. Maka wajarlah sifat cemburu itu.

Semoga Allah selalu menjaga rasa cinta dalam keluarga kita. Dalam cemburu yang tidak berlebihan, yang justru bisa menguatkan rasa cinta menuju sakinah, mawaddah, dan rahmah-Nya 🙂

Tagged , , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

2 thoughts on “#BincangKeluarga: Suami Cemburu itu Kebaikan Bagi Istri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.