#BincangKeluarga, Cerita Bunda, Kehamilan, Kids, Tips

#BincangKeluarga: Perlengkapan Bayi yang Nggak Penting Buat Dibeli a la Celoteh Bunda VS Sani Rosa

perlengkapan bayi

Waktu hamil Emir dulu, karena mungkin anak pertama kali ya, jadi semangat banget rasanya mau beli perlengkapan bayi. Meskipun ada lungsuran dari kakak-kakak sepupunya, tetap aja pengennya punya sendiri wkwk. Eh begitu lahir, baru sadar kalau banyak yang nggak begitu lama atau malah nggak begitu penting buat dipakai. Apalagi ternyata setelah lahir banyak banget yang ngado barang serupa haha.

Makanya, pas Elis lahir saya sudah nggak mau segrasa-grusu dulu. Apa yang sekiranya masih bisa dipakai dari punya Emir, ya sudah. Dan benar saja, pas Elis lahir dapat banyak sekali kado. Saya sampai jarang sekali beli perlengkapan bayi buat Elisย ๐Ÿ˜…

Nah kalau Mbak Rosa gimana nih? Simak ceritanya di link berikut ya:

Perlengkapan Bayi yang Nggak Penting Buat Dibeli a la Celoteh Bunda VS Sani Rosa

So, bisa saya simpulkan menurut saya perlengkapan apa saja yang nggak perlu dibeli. Yang tentu saja harus didisclaimer dulu ya, ini akan relatif bagi setiap orang. Makanya judulnya ada kata “a la” hehe.

Perlengkapan bayi yang nggak penting buat dibeli ala Celoteh Bunda

Gurita bayi

Pas lahiran Emir, saya sudah dikasih tahu sama bidan di rumah sakit, kalau bayi tidak pakai gurita itu tidak apa-apa. Malah gurita memang tidak bagus buat bayi karena akan menyesakkan pernapasannya. Kalaupun kata orang tua supaya perut bayi tidak buncit, itu juga kesalahan. Karena:

Kulit bayi maupun lemak dan ototnya masih tipis karena belum tumbuh sempurna, sehingga belum mampu menahan gerak usus yang mendorong keluar. Ini yang menyebabkan perut bayi besar, kelihatan seperti kembung. – Hello Sehat.

Maka sebetulnya, seiring waktu pertumbuhan bayi, perut bayi akan mengecil dengan sendirinya.

Bantal bayi

Pengalaman dari Emir yang rajin pakai bantal, kepalanya jadi tidak begitu bulat. Awalnya saya kira ini cuma mitos. Begitu lahir Elis, saya coba nggak pakaikan Elis bantal, eh benar kepalanya jadi lebih bulat. Jadi buat saya, si bantal ini nggak begitu penting. Karena ya biarin aja bayi tidur di tempat tidur. Toh kalau sudah bisa miring dan tengkurap, bayi juga sukanya bergerak kemana-mana. Jadi percuma juga pakai bantal ๐Ÿ˜…

Tas bayi

Sekarang saya dan suami malah lebih sering pakai ranselnya suami kalau harus bawa-bawaan perlengkapan anak yang banyak. Kalau pun bawa tas bayi, biasanya bawa yang kecil yang itu pun dapat dari kado yang dikasih orang hihi. Iya, karena banyak sekali yang ngasih tas sampai-sampai saya kasih orang lagi. Jadi sayang banget kalau misal harus beli tas bayi yang ujung-ujungnya cuma nganggur aja. Apalagi sekarang lebih in diaper bag yang modelnya kece-kece. Nah kalau beli ini sih kayaknya nggak apa-apa buat investasi ๐Ÿ˜

Stroller

Bisa dibilang penting nggak penting sih ya. Karena di satu sisi, stroller kepakai banget di saya waktu anak-anak masih bayi buat jemur mereka di luar. Tapi sekarang mereka sudah satu dua tahun malah lebih sering jalan sama kita aja. Kadang jalan sendiri, kadang digendong. So, ya ada untungnya juga saya nggak beli stroller hehe. Karena waktu itu dipinjamkan sama kakak ipar saya ๐Ÿ˜

Bouncer

Saya memang nggak beli barang ini sejak awal anak-anak lahir. Karena memang dulu masih ndeso haha. Apalagi saya sudah dikasih pinjam ayunan sama kakak ipar. Kalau pun mau timang anak-anak ya di ayunan itu ๐Ÿ˜

Ayunan

Nah ini kepakenya juga sebentar banget. Sebab 4 bulan ke atas, anak-anak sudah nggak bisa diam di tempat karena sudah tengkurep. Jadi ya sudah deh sekarang nganggur aja di gudang.

Box atau tempat tidur bayi

Yang ini juga penting nggak penting. Karena dari bayi anak-anak lebih sering tidur jadi satu dengan saya dan suami. Tapi kalau menurut suami saya sih penting. Soalnya bisa digunakan saat bayi masih baru lahir dan ditaruh di box sehingga memudahkan ketika ada yang jenguk anak-anak. Ah tapi kalau kata saya sih beli aja kasur lantai hehe atau kan bisa digendong ๐Ÿ˜œ

Penting nggak penting itu relatif

Sepertinya sih itu saja ya. Tapi perlu ditekankan bahwaย penting nggak penting ini memang sangat relatif. Apa yang menurut saya tidak penting, bisa jadi penting buat Ayah Bunda yang lain. Jadi setiap orang tidak bisa disamakan.

So, kalau menurut Ayah Bunda, perlengkapan bayi apa saja nih yang nggak penting buat di beli? ๐Ÿ˜€

Tagged , , , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.