Kids, Parenting, Tips

The Power of Sounding untuk Anak Beserta Tipsnya yang Bisa Dilakukan Ayah Bunda

The Power of Sounding untuk Anak. Judul ini sebetulnya berasal dari IG story nya Mbak @annisast yang beberapa waktu lalu saya ikutin. Secara saya setuju banget kalau masalah sounding alias mengatakan hal yang sama berulang kali pada anak itu sangat bisa dijadikan kekuatan. Bukan tanpa alasan. Karena saya sendiri sudah membuktikannya. Dan power sounding orang tua inilah yang akhirnya lama kelamaan menjadi pegangan bagi si anak. Jadi setelah kita capek-capek sounding di awal, kita akan menikmati hasilnya di akhir.

Udah ada gambaran belum? Masih bingung nggak sih? Hehe. Gini deh. Langsung aja saya masuk intinya. Sounding anak bagi saya itu sangat berguna untuk banyak hal. Misal:

Manfaat sounding orang tua untuk anak

Menyapih

Drama ibu-ibu baru banget deh ya masalah menyapih ini. Setelah drama ASI, MPASI, lanjut deh ke sapih menyapih. Nah di sinilah kita bisa mengandalkan sounding. Misalnya waktu mau menyapih Emir udah dari jauh-jauh hari saya niatin kuat. Saya udah nggak tahan menyusui dua anak, ditambah giginya Emir udah banyak. Dan cara yang paling ampuh adalah saya SOUNDING dia setiap mau tidur. Bukan cuma mau tidur, tapi di saat lagi main, lagi santai, atau apapunlah pokoknya kalau ada kesempatan ngomong, ya saya ngomong. β€œEmir udah besar, udah lepas nen. Udah nggak nyusu lagi. Nen nya buat dedek aja ya.” Bisa dengan cara ngomong biasa aja, atau dengan ngarang nyanyian haha. Intinya ituuu terus diulang-ulang sampe dia bosen.

Saat akan punya adik

Saat hamil Elis, yang saya khawatirin adalah Emir bisa merasa bahwa dia tidak disayang lagi. Jadi dari mulai awal kehamilan saya udah ngajarin Emir untuk elus-elus perut saya. Sambil sounding β€œHalo dedeknya Emir, dedek lagi apa di perut Bunda, sehat-sehat terus yaa.” Terus kalau lagi periksa kandungan, Emir juga ditunjukkin layar USGnya sambil kita bilang, “Wah itu Dedek, Kak. Lucu ya Dedeknya.” Selama 9 bulan setiap hari itu terus yang kita lakukan. Alhamdulillah pas adiknya lahir, Emir bisa kooperatif banget diajak kerja sama. Ya meskipun sekarang berantem ala kakak adik mah tetap ada haha.

Toilet training

Ets, untuk ini saya belum bisa ngasih contoh ya. Karena anak-anak saya belum ada yang berhasil toilet training haha. Tapi saya percaya kalau sounding juga berguna untuk anak saat belajar ke toilet. Mungkin Ayah Bunda sudah ada yang coba? Boleh sharing di komentar ya 😊

Menetapkan aturan orang tua

Emir tahu banget kalau dia tantrum, saya cuekkin. Saya selalu bilang ke dia, “Emir boleh nangis. Kalau udah capek, baru ke Bunda (atau) baru Bunda kasih.” Alhasil dia nggak pernah lama tantrum depan saya. Karena dia tahu kalau tantrum depan Bundanya nggak ada gunanya. Percuma bagi dia πŸ˜‚ Bukan saya abai pada anak. Saya hanya ingin mengajarkan dia untuk mengeluarkan emosi dan tidak semua yang dia pinta bisa dituruti karena berbagai hal. So, kalau kita sebagai orang tua ingin menerapkan aturan, bisa lakukan sounding pada anak berulang-ulang. Anak itu daya tangkapnya cepat. Kalau kita konsisten, Insya Allah, si anak akan mengerti dengan sendirinya 😊 Misalnya saya selalu melarang anak-anak untuk makan di kamar apalagi di atas kasur. Jadi kalau mereka pegang makanan, mereka sudah tahu batasan sendiri untuk tidak masuk kamar.

Mengajarkan hal baik

Selain menerapkan aturan, sounding juga bisa bermanfaat untuk mengajarkan hal baik pada anak. Misal saya selalu bilang ke Emir untuk sayang adik dan tidak boleh kasar dengan adiknya. Kalau lagi berantem, saya selalu suruh mereka maaf memaafkan. Dengan disounding terus menerus seperti itu, mereka bisa mengerti kalau mereka lagi berantem, mereka harus bersalaman. Atau di saat lagi santai, mereka bisa bercanda bareng, dan saling cium pipi.

Nah, sounding anak itu ternyata luar biasa kan manfaatnya. Dan mungkin masih banyak lagi kegunaan sounding yang lainnya.

Cara sounding

Lalu gimana caranya sounding?

Sounding anak sebelum tidur

Ini beneran ampuh deh. Saya lupa penelitiannya, mungkin bisa googling sendiri hehe. Tapi saya sudah membuktikan saat praktek di lapangan. Sounding sebelum tidurlah yang sangat efektif. Mungkin karena sebelum tidur kita beranjak setengah sadar, lalu saat tidak sadar, kata-kata yang kita dengar sebelum tidur tadi langsung terngiang-ngiang di telinga kita. Alhasil saat bangun, kata-kata itu sudah terekam di alam bawah sadar kita. Itu juga yang terjadi pada anak. Dan dalam Islam pun ada ajaran untuk berkata atau berdoa yang baik-baik saat anak mau tidur. Harapannya supaya si anak bisa sesuai dengan perkataan dan doa kita.

Sounding anak dengan gaya berbeda

Main sama anak nggak melulu itu-itu aja kan. Nah begitu pula dengan masalah sounding. Kita bisa lakukan dengan cara berbeda. Misalnya kayak saya tadi sambil nyanyi hehe. Atau sambil menari-nari diselingi omongan. Atau bisa saat bermain, di saat anak lagi ceria, sisipin deh tuh apa yang mau kita sounding 😁 Intinya konsisten aja hehe.

Sounding anak sering-sering dan banyak-banyak

Konsisten udah, si anak kok kayak nggak nurut-nurut sih? Nih ada kalimat bagus dari story nya Mbak Annisast:

Setuju banget dengan kata-kata Mbak Annisast. Anak itu terbiasa dengan rutinitas. Jadi kalau ada hal yang di luar kebiasaannya, si anak akan merasa asing. Merasa hal itu menjadi baru. Dan itu tidak mudah bagi si anak untuk bisa menerima sesuatu yang baru. Jadi,

yap, kita butuh sering-sering dan banyak-banyak untuk sounding. Kalau memang si anak belum nurut, ya tandanya kita masih harus lebih sering, lebih banyak lagi untuk sounding. Capek? Iya. Tapi percaya deh kalau kita nggak nyerah di tengah jalan, kata-kata kita akan merasuk ke dalam otak anak. Dan percaya aja kalau fitrahnya anak itu sebetulnya penurut. Kalau kita terus berusaha untuk berkata dan berdoa yang baik-baik pada anak, insya Allah anak sangat bisa nurut pada kita.

Oke, jadi orang tua itu ternyata melelahkan ya. Iya banget hehe. Masa-masa balita gini memang menguras tenaga dan kesabaran. Tapi memang di masa inilah mereka sangat membutuhkan tuntunan kita. Otak mereka belum bisa berkembang dengan baik. Dan yang mengembangkannya menjadi baik adalah tugas kita sebagai orang tua. Kalau orang dewasa saja bisa luluh dengan berkali-kali dibicarakan, apalagi otak anak yang masih lunak. Yang isinya masih sedikit. Sangat bisa tentunya kita kembangkan lebih luas 😊

Kalau Ayah Bunda, sudah ada yang merasakan power of sounding belum? Boleh sharing ya 😊

Tagged , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

6 thoughts on “The Power of Sounding untuk Anak Beserta Tipsnya yang Bisa Dilakukan Ayah Bunda

  1. alhamdulillah nemuin situs ini. jd bisa terbantu bgt bund, dlm mengatasi masalah sundulan dan pernak-perniknya. the power of sounding. biar ndak gampang capek buat sounding, menurut saya lakukan sedikit demi sedikit tp konsisten. soalnya kl anak lgsng diksh byk yg ada malah mubeng, bkn mudeng.
    baarokalloh buat bunda emir-elis, smg Alloh senantiasa memberikan kebahagiaan kpd klrga.

    1. Alhamdulillah. Terima kasih Ummu. Semoga postingan di sini bermanfaat ya πŸ™‚
      Betul. Sounding itu tidak perlu sekaligus plek. Sedikit-sedikit tak apa. Yang penting sering πŸ˜€ Kalau banyak-banyak yang dimaksud adalah maksudnya justru jangan capek untuk sounding gitu πŸ˜€

  2. Anakku baru 6 m dan skrg aku hamil 5w, galau bgt tiap hari nangis, nemuin blog ini masyaAllah sedikit lbh tenang. Ngomong2 bunda emir full drumah apa kerja?aq galau bgt aq lg kerja n hamil lg, galau apakah hrs resign, takut si kakak nanti kurang kasih sayangπŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜”

    1. Wah selamat ya Bunda. Alhamdulillah semangat terus ya πŸ™‚

      Aku full di rumah Bunda πŸ˜€ Mungkin Bunda bisa diskusi dg suami aja. Karena yg tahu persis kondisinya kan Bunda dan suami πŸ™‚ Misal mau kerja juga ga masalah. Barangkali kakak bisa titip daycare hehe. Semoga kehamilannya sehat terus ya Bunda πŸ™‚

    1. InsyaAllah efektif Bun. Orang dewasa saja bisa lunak kalo dibilangin terus-terusan. Apalagi otak anak yang isinya masih sedikit. Insya Allah kalo konsisten dan dibantu dg doa orang tua bisa ampuh πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.