Keluarga, Kids, Tips

Mom, Ini Pilihan Obat Cacing Anak yang Harus Diketahui

obat cacing

Kalau anak nafsu makan, setiap orang tua pasti senang ya. Cuma kalau sudah sakit cacingan, aduh sedih deh. Cacingan adalah suatu penyakit akibat infeksi cacing yang tinggal di dalam usus. Cacing tersebut akan menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh. Akibatnya, tubuh mengalami kekurangan gizi sehingga bisa menghambat pertumbuhan anak. Maka dari itu, cara penyembuhannya ya dengan mengonsumsi obat cacing.

Baca juga: Keluarga Sehat, Sebenar-benar Tempat Paling Nyaman

Seringkali sih penyebab umum cacingan itu lingkungan yang kotor, penularan melalui makanan yang dikonsumsi, dan kontak langsung dengan kotoran hewan yang mengandung cacing. Saat terinfeksi, gejala umum yang timbul muntah, diare, dan hilangnya nafsu makan. Pada infeksi akibat jenis cacing tertentu, akan muncul gejala tambahan berupa gatal pada area anus. Duh, jangan sampai deh anak kita kena cacingan.

Obat Cacing Sesuai Jenis Cacing yang Menginfeksi

Cacing yang dapat menyebabkan infeksi adalah cacing pita, cacing kremi, cacing tambang, dan cacing cambuk. Konsumsi obat cacing dengan segera agar tidak terjadi pendarahan usus. Cek merk dan harga obat cacing di bukalapak. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat cacing untuk anak.

1. Combantrin

Combantrin sudah cukup terkenal di masyarakat. Obat ini mengandung pirantel pamoat yang ditujukan untuk membasmi segala jenis cacing. Combantrin tersedia dalam dua pilihan yaitu tablet dan sirup. Untuk anak, berikan sediaan dalam bentuk sirup.

2. Askamex

Rekomendasi obat cacing anak lainnya adalah Askamex. Obat ini berbentuk tablet dengan kandungan levamisole HCL dengan dosis 29,46 mg. obat ini ditujukan untuk pengobatan pada infeksi cacing gelang dan cacing tambang.

3. Vermox

Vermox adalah obat yang mengandung mebendazole dengan dosis 500 mg. Obat ini ditujukan untuk mengatasi infeksi oleh cacing di dalam saluran cerna. Cara kerjanya adalah mencegah cacing menyerap gula, sehingga menjadi kekurangan makanan dan tidak dapat bertahan hidup.

4. Univxon

Kandungan utama dalam obat cacing ini adalah piperazine. Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak usia satu tahun hingga orang dewasa. Infeksi cacing yang diatasi oleh obat ini adalah infeksi oleh cacing gelang dan cacing kremi.

Cara Mencegah Cacingan

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Pepatah ini sudah sebaiknya diterapkan. Sebab, jika sampai terinfeksi cacing, pertumbuhan anak dapat terganggu. Selain itu, cacingan juga dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti anemia. Berikut ini adalah tindakan pencegahan cacingan pada anak.

1. Melatih Anak Rajin Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan adalah tindakan yang efektif untuk mencegah terjangkit beberapa penyakit, termasuk cacingan. Latih anak cuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir. Ajari mereka membersihkan kuku agar tidak ada telur cacing yang bersarang di sana.

obat cacing
credit: https://pixabay.com/photos/toddler-hand-hand-finger-water-1893255/

2. Membiasakan Anak Bermain di Tempat Bersih

Tempat yang kotor, lembab, dan berlumpur sangat disukai cacing. Oleh sebab itu, sebaiknya anak bermain di area yang kering dan bersih. Meskipun demikian, tetap harus mencuci tangan terutama setelah bermain dan sebelum makan.

3. Mencuci Barang yang Digunakan Anak Secara Rutin

Barang-barang seperti selimut, sprei, handuk, boneka, dan mainan anak sebaiknya dicuci secara rutin. Hal ini untuk menghindarkan agar tidak ada larva cacing yang tertinggal. Pastikan juga agar anak mengganti pakaian dalamnya minimal dua kali dalam sehari.

4. Menjaga Kebersihan Makanan

Cara pencegahan yang lainnya adalah dengan menjaga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi anak. Biasakan mencuci sayur dan bahan makanan lain dengan air mengalir hingga bersih. Selain itu, masaklah makanan, terutama daging hingga benar-benar matang. Daging dapat mengandung cacing yang dapat menginfeksi tubuh anak.

Pencegahan sudah dilakukan, tetapi anak tetap cacingan? Jangan keburu panik, berikan obat cacing yang tepat sesuai dosis, untuk mengatasi gejala cacingan yang dialami ya, Moms. Awasi anak agar selalu menjaga kebersihan dan istirahat, serta minum air putih yang cukup.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.