Parenting

Kita, Para Orang Tua adalah Andil Terbesar dalam Mendidik Anak

mendidik anak

Saya semakin yakin, bahwa orang tua adalah andil terbesar untuk mendidik anak. Ini karena saya punya pengalaman kurang enak. Jadi ceritanya saya pernah chat dengan seorang anak SMA. Yang bikin kaget, dia tiba-tiba ngomong “Banyak banget nj*rrr, ngirimnya haha.” Saya shock dong. Dalam hati istighfar banget. Selow, De dalam hati saya. Toh dia hanya kaget karena lu kirim foto banyak banget.

Saya memang santai sih depan dia. Masih seolah bersikap biasa-biasa saja. Padahal aslinya mah risih banget dengar kata “nj*rrr” walaupun konteksnya kami lagi ngomong santai. Apa ya, menurut saya masih kasar aja. Meskipun itu mungkin buat lucu-lucuan. Buat santai. Tapi kedengarannya tetap nggak enak. Apa nggak ada kata-kata lain yang lebih pantas? Apalagi posisinya saya lebih tua lho. Ya maaf maaf bukannya minta dihormatin, cuma gimana sih. Kalau saya dulu dididik harus sopan saat bicara dengan orang yang lebih tua.

Alhamdulillah dari kecil saya nggak pernah dididik ngomong kasar. Bertengkar sama kakak adik pun nggak ada yang namanya kata-kata kebun binatang keluar. Marah ya marah aja. Nggak pakai berkata kasar.

Sekarang zamannya memang sudah beda. Ketika orang bilang “Wah gila dia keren banget”. Kenapa harus pakai kata “gila”? Kenapa nggak bilang “Wah dia keren banget” aja? “Wah a*jir doi pinter banget.” Kenapa nggak bilang “wah doi pinter banget”? Iya sih kata-kata kasar itu untuk menunjukkan bahwa itu kebangetan kagumnya. Tapi rasanya akan lebih enak kalo nggak pakai kata-kata kasar ya.

via GIPHY

Kita orang tua yang punya andil terbesar mendidik anak

Saya jadi kepikiran yang baru-baru kemarin ada ibu-ibu demo di media sosial soal iklan di televisi yang tayang di jam yang nggak pas. Saya bisa saja setuju dengan para ibu yang menuntut pemerintah untuk menindak tegas tayangan televisi. Tapi di sisi lain, saya juga menyayangkan sikap ibu-ibu yang seolah HANYA menyalahkan satu pihak. Karena di sisi lain, seharusnya KITALAH sebagai orang tua yang punya ANDIL TERBESAR dalam mendidik anak kita.

Sama halnya dengan anak sekolahan tadi. Saya bisa saja menegur anak itu. Cuma saya memilih memendam karena tidak mau terjadi perdebatan yang tidak berarti. Rasa-rasanya akan sangat konyol kalau pembicaraan kami justru jadi menegangkan hanya karena saya tidak terima dengan kata kasar tadi. Konteksnya kami juga sedang berbicara santai. Di depan dia saya berusaha untuk memaklumi. Tapi dalam hati saya akan sangat bersikeras untuk menanamkan dalam diri bahwa saya harus mengajarkan sopan santun ke anak. Bagaimana mereka seharusnya bersikap pada orang yang lebih tua, orang yang seumuran, dan orang yang lebih muda.

Mengontrol diri itu lebih utama

Karena kendali kehidupan ini memang ada di tangan kita. Tidak selamanya kita bisa mengontrol orang lain terus-terusan. Yang paling mudah dilakukan, ya kitalah yang mengontrol diri sendiri. Contoh, banjir. Kenapa harus ngeluh banjir terus? Kenapa nggak pindah? Atau dimulai dari diri kita sendiri yang bersih-bersih agar ditiru orang lain?

Karena kenyataannya memang kitalah yang paling mudah mengontrol diri sendiri. Mengontrol orang lain itu capek. Melelahkan. Yang ada mungkin hanya bisa makan hati karena kenyataan tidak sesuai ekspektasi kita.

via GIPHY

Itulah sebabnya orang sukses tidak pernah mengeluh. Karena mereka tahu, yang mudah diubah adalah diri mereka sendiri. Bukan kondisi di luar atau orang lain.

Ya, hal yang terutama adalah prinsip dalam diri yang harus ditanam dan dikuatkan. Kita tidak bisa menyalahkan orang lain terus atas kesalahan kita. Termasuk urusan anak kita nanti. Segala tontonan, lingkungan, yang berpengaruh buruk tidak bisa sepenuhnya jadi bahan salahan atas anak kita yang ikutan buruk.

Tapi justru KITALAH sebagai orang tua yang punya andil utama untuk menanamkan yang baik pada anak. Karena percayalah, didikan orang tua itu yang utama. Ketika anak sudah punya prinsip kuat, mau lingkungan seperti apapun, Insya Allah anak kita sudah punya pegangan yang baik.

Tagged , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

3 thoughts on “Kita, Para Orang Tua adalah Andil Terbesar dalam Mendidik Anak

  1. Betul,,,mau semahal apapun pendidikan diluar tetap orang tualah yang berandil besar teehadsp pendidikan anaknya,,,terbukti dari banyaknya siswa yang melawan kepada guru adalah tanda kalau orang tua kurang memperhatikan anaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.