Tips

Ayah Bunda, Ini Cara Selamatkan Diri, Keluarga, dan Tetangga dari Covid-19

Pandemi COVID-19 masih berlangsung, tapi saya sudah tidak mempertanyakan kapan ini akan berakhir. Toh rasanya kita memang sudah berteman dengan virus satu ini. Apalagi angka infeksi dan kematian akibat COVID-19 terus meningkat. Bahkan para ahli kesehatan dan pemerintah sudah berusaha mencari opsi lain. Salah satunya adalah herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini juga sudah dibicarakan di beberapa negara dengan…

Continue Reading

#ODOPISB, Cerita Bunda, ODOP ISB, Parenting

Sebagai Ibu, Saya Berharga Bagi Anak-anak

Menjadi ibu itu memang tidak mudah. Kalau mau dicari, saya merasa banyak sekali gagalnya. Merasa tak sesabar ibu-ibu lain. Merasa kurang setelaten ibu-ibu lain. Bahkan pernah ada dalam benak saya bertanya, “Masih pantaskah saya jadi seorang ibu?” Dulu saya suka banding-bandingkan anak. Oh, anak si A sudah bisa tengkurep. Oh, anak si B sudah tumbuh gigi. Oh, anak si C…

Continue Reading

Uncategorized

Saya Bertahan Menjadi Seorang Ibu

Saya bingung memikirkan tujuan hidup. Akan ke mana saya melangkah. Apa yang sebenarnya saya inginkan? Saya terus berputar-putar di pertanyaan itu. Untuk kemudian saya bilang pada suami, “Aku tuh merasa, aku sudah nikah. Aku sudah punya anak. Lalu mau apa?” Dan sekarang saya sadar, bahwa saya hanya ingin menjadi seorang ibu rumah tangga! Siapa bilang menjadi ibu itu mudah? Dalam…

Continue Reading

kuningan jawa barat
#ODOPISB, Cerita Bunda, ODOP ISB

Kuningan Kenangan yang Akan Selalu Dirindukan

Kuningan kenangan, itulah yang menggambarkan sebuah kabupaten yang seringkali terlupakan. Tapi bagi saya Kabupaten Kuningan di Jawa Barat adalah tempat yang indah dan selalu penuh dengan keindahan bila diingat. Kuningan memang tempat lahir ibu saya. Juga tempat dibesarkannya almarhum ayah. Makanya, dari kecil setiap kali lebaran, kami pasti selalu pulang kampung. Karena ibu masih punya rumah di sana. Rumah yang…

Continue Reading

#ODOPISB, Cerita Bunda, Travelling

Traveling dengan Suami di Pinggir Pantai

Waktu single, saya sudah pernah merasakan jalan-jalan sendiri. Tapi kalau untuk pergi jauh yang sampai keluar kota sih belum pernah hehe. Tapi dasarnya saya memang nggak gitu kepengen solo travelling gitu. Saya suka jalan bareng teman. Biar nggak kesepian aja. Ada teman ngobrol. Dan yang pasti kalau pun kesasar ya ada temannya haha. Pernah banget tuh dulu saya janjian sama…

Continue Reading