Cerita Bunda, Menyusui, Tandem Nursing

Ibu Menyusui itu Lelah, Tapi Terbayar dengan Kebahagiaan Melihat Buah Hati Istimewa

Sekarang kalau lihat Emir, rasanya masih takjub anak ini sudah mau 4 tahun lebih. Tahun depan genap sudah dia akan masuk Taman Kanak-kanak. Saya bersyukur menjadi ibu rumah tangga yang bisa menemani masa-masa tumbuh mereka dari lahir hingga kini. Dan saya bersyukur, bahwa saya pernah menjadi ibu menyusui bagi mereka.

Sudah ada kategori Menyusui di blog ini. Masa-masa itu saya memang butuh rileksasi dengan menulis. Dan bercerita pengalaman-pengalaman saya adalah suatu hal yang membahagiakan. Menyusui adalah proses yang menurut saya panjang, tapi juga membahagiakan bila dikenang.

Kelelahan menjadi ibu menyusui kini sudah terbayar

Bolehlah saya bangga kalau bilang bahwa saya berhasil menjadi ibu yang memberikan ASI. Dalam kehamilan yang tiba-tiba saat Emir 6 bulan pun, saya bersyukur masih bisa menyusui Emir sampai Elis lahir. Bahkan sekalipun sudah dibantu susu formula, Emir tetap lebih memilih menyusu dengan saya sampai usianya 22 bulan. Jadilah saat itu saya memang menyusui dua bayi aka tandem nursing.

ibu menyusuiJangan tanya rasanya. Saya pernah menangis karena saking lelahnya. Setiap hari kerjaan saya hanya menyusui. Belum lagi ujian-ujian dari orang sekitar dan mitos-mitos yang beredar. Tapi tetap saja kekeras kepalaan saya tidak menyurutkan keinginan saya untuk menyusui. Saya tetap yakin, bahwa SAYA BISA MENYUSUI. Saya BISA memberikan ASI bagi anak-anak saya.

Waktu me time untuk keluar sendirian saya kalahkan demi bisa menyusui anak-anak secara langsung. Saat itu saya memang tidak rutin memompa ASI, alhasil saat mencoba memompa, ASI yang keluar hanya sedikit.

Untunglah dukungan suami begitu penuh dengan memberikan asisten untuk membantu saya. Dan setiap kali di rumah, suamilah yang turun tangan membantu saya. Sampai akhirnya, kini semua rasa lelah itu sudah terbayar dengan melihat anak-anak yang tumbuh sesuai dengan usianya.

Saya mendukung penuh ibu untuk menyusui bayinya

ibu menyusuiNiat yang kuat

Jadi, sekarang saya hanya ingin mendukung ibu-ibu yang saat ini masih menyusui bayinya. Kita butuh niat yang kuat untuk menyusui apapun halangan dan rintangannya. Mungkin lelah, belum lagi jika ada saja ujian-ujian hidup menghampiri. Tapi tak apa, tetap pegang niat itu. Bukan untuk membuktikan ke orang lain. Tapi demi memberikan yang terbaik untuk diri kita sendiri dan bayi kita.

Ketenangan itu yang lebih penting

Merasakan sedih karena kelelahan, tak apa. Kita tak harus menjadi ibu yang bahagia terus. Karena itu hal yang sungguh mustahil. Boleh kita istirahat sejenak menenangkan pikiran. Menjauh sebentar dari bayi kita. Setelah tenang, semua akan menjadi lebih mudah.

Maaf jika dulu-dulu saya keliru memberikan tip. Bukan bahagia yang terpenting, tapi ketenangan adalah hal yang utama terlebih bagi ibu menyusui.

Makan dan minum apa yang ibu suka

Tak ada pantangan makanan dan minuman apapun bagi ibu menyusui. Makan dan minumlah apa yang memang kita suka.

ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa

Yakinlah, bahwa jika niat kita untuk menyusui anak selama 2 tahun sudah kuat, maka segalanya akan dimudahkan. Saya juga merasakan itu. Entah bagaimana pun ujiannya, ada saja jalan keluarnya. Karena memang terpatri kuat dalam diri saya bahwa Air Susu Ibu adalah makanan yang terpenting bagi bayi dan tak ada yang mampu menggantikannya.

Bahkan hal ini memang sudah dinyatakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia bahwa ASI adalah satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi di enam bulan pertama kehidupannya. Yang kemudian dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) setelah 6 bulan sampai 2 tahun.

Kalbe Blackmores Nutrition mendukung penuh ibu hamil dan menyusui

ibu menyusui

Dunia sudah memberi keistimewaan bagi ibu menyusui dengan menghadirkan World Breastfeeding Week. Untuk mendukung hal ini, Kalbe Blackmores Nutrition juga menyemarakkannya dengan melakukan serangkaian edukasi dan sharing pengalaman di media sosial @blackmoresid seputar ASI dan menyusui. Tentu saja, agar kesadaran para ibu untuk memberikan ASI bernutrisi bagi buah hatinya bisa meningkat.

Kalbe Blackmores Nutrition sendiri sudah memiliki produk unggulan untuk ibu hamil dan menyusui, yakni Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG). Sebab Blackmores percaya bahwa ibu juga berhak untuk memberi ASI berkualitas guna mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) mengandung 17 nutrisi esensial

ibu menyusui

Kelebihan dari Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) adalah kandungannya yang terdiri dari 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh ibu menyusui:

  • Asam folat tinggi untuk menjaga ibu dari resiko anemia.
  • Kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi, juga mencegah osteoporosis pada ibu.
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan menambah energi ibu agar tidak mudah sakit.
  • Omega 3/DHA tidak berbau. Ini baik untuk pertumbuhan otak dan mata buah hati. Sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
  • Vitamin dan Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Kerjasama Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, sejak 2017 Kalbe Blackmores Nutrition bermitra dengan Bumi Sehat Foundation yang secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua.

ibu menyusuiMaka saya yakin sekali Kalbe Blackmores Nutrition ini memang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Kita tak khawatir lagi kekurangan nutrisi karena semua sudah tersedia di dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) sehingga kita pun lancar menyusui.

Jika ingin tahu info lebih lengkap, ibu bisa mengunjungi website dan Instagram Blackmores berikut ini:

Menyusui dengan segala manfaatnya bagi ibu

Masya Allah, semoga dengan segala dukungan yang berlimpah ini, kesadaran untuk menyusui semakin meningkat. Seyogyanya, memang sejak hamil kita mulai mempersiapkan yang terbaik untuk buah hati. Sebab yakinlah, saya pribadi sudah merasakan manfaat dari menyusui itu sendiri. Yakni:

  • Mendekatkan bonding ibu dan anak.
  • Bisa jadi diet alami setelah melahirkan.
  • Mengurangi biaya untuk membeli susu formula.
  • Hemat waktu. Kapanpun bayi kita haus, kita bisa selalu memberikan ASI.

Semangat para ibu menyusui! Segala kelelahan yang ada kini, kelak akan terbayar dengan kebanggaan yang jadi kebahagiaan bagi kita dan buah hati. Sebab ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa

Tagged , , , , , , , , , , , , ,

About Ade Delina Putri

Blogger, Bookish, Stay at Home Mom Keep smile, keep spirit, positive thinking ^^
View all posts by Ade Delina Putri →

18 thoughts on “Ibu Menyusui itu Lelah, Tapi Terbayar dengan Kebahagiaan Melihat Buah Hati Istimewa

  1. Menyusui bisa jadi diet alami ini saya ga percaya banget mbak. Lah setiap menyusui pasti timbangan bergerak nganan melebihi saat hamil. 😂😂😂.

    Saat ini saya juga masih menyusui padahal anak sudah 3 tahun. Pernah nyoba nyapih tapi ga tega lihat anak nangis, akhirnya kebablasan 😅😅

  2. Beberapa waktu lalu sempet pegang Blackmores ini di etalase toko waktu belanja kebutuhan anak. Belum sempat nanya harga dan fungsinya. Cuma bisa lihat kandungan dan sedikit manfaatnya aja di botol. Udah jatuh cinta pada pandangan pertama sebenarnya, tapi sampe rumah jadi lupa. Baca artikel ini jadi inget lagi soal botol yang bikin saya berhenti sebelum bayar barang di kasir nih eheheh.

  3. Aku juga pernah nangis-nangis bahkan sempat nggak mau menyusui anakku, tapi pas lihat bayi nangis kejer aku nggak tega. Sambil menahan perih luka di PD ya akhirya lanjut menyusui. ALhamdulillah dukungan keluarga dan asupan nutrisi sebagai booster bagi para busui itu penting dan wajib.

  4. Aku dulu butuh banget diberikan support system, kak..
    Karena kalau engga, uda putus di tengah jalan. Terasa sekali perjuangan dalam mengaASIhi ini.
    Semangaaat, kak..
    Yakin bahwa ASI bikin anak sehat, karena Allah ijinkan.

  5. wah, produk ini rekomended bgt ya mbak utk ibu2 menyusui. Saya juga sepakat, busui harus selalu tenang hati & pikirannya. Biar transfer asi juga lancar, produksi berlimpah. 😍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.